Diskominfosantik gelar dialog langsung bersama KPU sukseskan Pemilu 2024

id pemprov kalteng, diskominfosantik kalteng, dialog diskominfo, pemilu 2024, pesta demokrasi, kalteng, kalimantan tengah

Diskominfosantik gelar dialog langsung bersama KPU sukseskan Pemilu 2024

Diskominfosantik Kalimantan Tengah menggelar dialog yang menghadirkan Ketua KPU provinsi setempat Sastriadi (kiri) sebagai narasumber. Dialog yang disiarkan secara langsung melalui media sosial Diskominfosantik ini sebagai salah satu upaya menyukseskan Pemilu 2024, Palangka Raya, Rabu (7/2/2024). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar dialog bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang disiarkan langsung atau live melalui media sosial dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.
 
"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi yakni Pemilu 2024," kata Kepala Diskominfosantik Kalimantan Tengah, Agus Siswadi di Palangka Raya, Rabu.
 
Dialog yang menghadirkan narasumber Ketua KPU Kalimantan Tengah Sastriadi ini mengusung tema "pengelolaan dan persiapan pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Provinsi Kalimantan Tengah".
 
Dialog yang disiarkan secara langsung ini diharapkan semakin mengoptimalkan sosialisasi berkaitan berbagai hal seputar Pemilu 2024, agar masyarakat secara luas menjadi tahu sehingga bersama-sama menyukseskan pelaksanaannya.
 
Sementara itu Ketua KPU Kalimantan Tengah Sastriadi dalam dialog menyampaikan pihaknya mempunyai tugas sebagai koordinator penyelenggaraan pemilu di wilayah provinsi, yakni bagaimana mengendalikan dan mengomunikasikan semua hal kepada seluruh perangkat penyelenggara di tingkat kabupaten/kota.

Baca juga: Pemprov Kalteng gelar pembinaan remaja wujudkan generasi mandiri
 
Dia menyampaikan KPU dan Bawaslu dalam pemilu memiliki tugas masing-masing. KPU memiliki tugas melaksanakan seluruh tahapan kepemiluan dari pencalonan, pendaftaran pemilih, kemudian pemungutan dan penghitungan suara.
 
Di sisi lain Bawaslu memiliki tugas untuk memastikan penyelenggaraan tahapan sudah benar sesuai ketentuan dAn Perundang-undangan.
 
Kemudian dijabarkannya, berkaitan peserta Pemilu 2024, khususnya pada 14 Februari 2024 meliputi tiga lembaga yang akan dipilih yakni presiden, legislatif/ DPR, DPRD dan DPD.
 
Untuk presiden ada tiga calon, untuk partai politik ada 18 yang terbagi menjadi tiga tingkatan lembaga, yakni DPRD tingkat kabupaten/kota, DPRD tingkat provinsi dan DPR RI.
 
Kemudian untuk DPR dialokasi enam kursi untuk Kalteng, sementara DPRD Provinsi ada 45 kursi yang terbagi menjadi lima dapil, sedangkan untuk kabupaten/kota ada 48 dapil dengan alokasi pemilih 385 kursi.
 
"Jumlah pemilih kita 1.935.116 pemilih. Jumlah pemilih ini tersebar di 7.830 TPS dan 7.830 TPS yang sedang kami persiapkan logistiknya. Per tadi malam saat melakukan rapat dengan kabupaten/ kota jam dua malam, kesiapan logistik sudah mencapai 99 persen," katanya.
 
Diinformasikan, terdapat tiga kategori pemilih yakni pemilih yang sudah terdaftar dalam pemilih tetap, pemilih yang terdaftar dalam pemilih tambahan atau pemilih yang pindah memilih, dan daftar pemilih khusus.
 
Pada kesempatan tersebut, Sastriadi mengajak seluruh masyarakat untuk datang ke TPS pada 14 Februari 2024 dengan menggunakan hak pilihnya.