Wali kota imbau masyarakat menjaga suasana pemilu tetap kondusif

id Wali kota imbau masyarakat menjaga suasana pemilu tetap kondusif, kalteng, Palangka raya, pemilu, politik

Wali kota imbau masyarakat menjaga suasana pemilu tetap kondusif

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu. ANTARA/HO-Prokom Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu mengimbau masyarakat setempat untuk selalu menjaga suasana pemilihan umum (pemilu) agar tetap kondusif.

"Semoga masyarakat dan pendukung bisa menahan diri, menjaga suasana tetap kondusif sehingga pesta demokrasi yang aman dan nyaman terlaksana sampai nanti ditetapkan pemenang oleh KPU," kata Hera di Palangka Raya, Kamis.
 
Wanita berhijab itu juga mengajak masyarakat di "Kota Cantik" mengawal proses penghitungan suara serta menyelesaikan permasalahan yang mungkin bisa timbul melalui jalur yang dibenarkan oleh hukum atau undang-undang.
 
"Mudah-mudahan pemilu ini bisa berjalan damai dan aman. Apalagi masyarakat Kalteng memiliki falsafah 'huma betang' yang memiliki arti saling menghargai dan menghormati di tengah keberagaman," katanya.

Pj Wali Kota Palangka Raya juga berharap kepada para kontestan yang terpilih atau memenangi perolehan suara untuk tidak jumawa terlebih sampai membuat peserta pemilu yang belum terpilih berkecil hati.
 
Bahkan, lanjut dia, antar seluruh kontestan pemilu diharapkan tetap bisa bekerja sama dan berkolaborasi membangun daerah selama lima tahun ke depan.

Baca juga: Bawaslu rekomendasikan 14 TPS di Kalteng laksanakan PSU

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan pelaksanaan pemungutan suara pemilu di seluruh daerah provinsi setempat berjalan aman dan kondusif.

"Sampai saat ini tidak ada laporan terkait gangguan kamtibmas di tempat pemungutan suara (TPS) di Kalteng," katanya.

Dia menuturkan, dalam pemantauannya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda Kalteng) semua petugas baik itu anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), Panwascam, KPU setempat maupun para saksi dari partai politik menjalankan tugasnya dengan baik.

Jenderal berpangkat bintang dua itu menekankan terhadap para personelnya di lapangan agar selalu menjaga kesehatan dan menjalankan tugasnya sesuai dengan apa yang sudah diberikan oleh pimpinan masing-masing.

Tidak hanya itu, Djoko Poerwanto juga mengingatkan para personelnya agar selalu berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu dan pemangku kepentingan lainnya dalam menjaga kamtibmas.

Hal itu dilaksanakan agar perhelatan demokrasi lima tahun sekali ini, sukses dan lancar sesuai harapan bersama.

Baca juga: Prabowo-Gibran menangi suara di TPS Lapas-Rutan di Kalteng

Baca juga: Polisi di Kalteng bantu cek kesehatan anggota KPPS usai pencoblosan

Baca juga: Pemkot Palangka Raya optimalkan perlindungan bagi tenaga kerja