PIPAS berdikari untuk Pemasyarakatan maju

id PIPAS berdikari untuk Pemasyarakatan maju, kalteng, Palangka raya

PIPAS berdikari untuk Pemasyarakatan maju

Ketua Penasehat Utama Paguyuban Ibu-Ibu Pengayoman (PIPAS) Anna Reynhard saat melaksanakan kunjungan kasih di Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT PIPAS ke-20, Senin (19/2/2024). ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Penasehat Utama Paguyuban Ibu-Ibu Pengayoman (PIPAS) Anna Reynhard mengatakan, PIPAS harus terus berdikari untuk mendukung penuh agar Pemasyarakatan semakin maju.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat melaksanakan kunjungan kasih di Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT PIPAS ke-20.

"Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan merupakan bagian dari keluarga besar pemasyarakatan, sehingga memiliki rasa tanggung jawab untuk ambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas," kata Anna.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra, Kepala Divisi Administrasi Joko Martanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Tri Saptono S, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (Ka-UPT) se-Kalimantan Tengah beserta jajaran serta pengurus dan Anggota PIPAS Daerah Kalimantan Tengah.

Anna, salah satu tujuan dari penyelenggaraan Pemasyarakatan adalah meningkatkan kualitas kepribadian dan kemandirian Warga Binaan agar menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana.

Sehingga, lanjut dia, dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik, taat hukum, bertanggung jawab dan dapat aktif berperan dalam pembangunan.

“Untuk mencapai tujuan itu salah satunya dilakukan melalui pemberian program pembinaan bagi warga binaan,” kata Anna.

Program pembinaan yang diberikan juga harus sesuai kebutuhan warga binaan dan Anak Binaan baik di bidang kepribadian untuk pengembangan kreativitas, penguatan mental spiritual, dan peningkatan intelektual.

Baca juga: Fisipol UMPR berangkatkan lima mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

"Atau juga bisa pada bidang kemandirian dengan melalui kegiatan keterampilan dan latihan kerja, sehingga hasil pembinaan dapat menjadi bekal untuk kembali menjadi warga yang baik dan mampu berkontribusi dalam pembangunan," katanya.

Sementara itu, Penasihat PIPAS Kanwil Kemenkumham Kalteng Niken Hendra Ekaputra, mengaku terhormat karena pada HUT PIPAS ke-20 ini dikunjungi Penasihat Utama PIPAS.

“Terimakasih kepada semua pengurus pada hari ini, yang telah mengambil bagian dalam partisipasi kegiatan ini. Serta kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan acara ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar,” kata Niken.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra mengatakan, PIPAS menunjukkan komitmen tinggi dengan aksi nyata mendukung Pemasyarakatan untuk semakin maju sesuai dengan tujuan organisasi.

"Ini dibuktikan salah satunya pada setiap rangkaian perayaan ulang tahun PIPAS dan sepanjang tahun selalu ada peran PIPAS yang menjadi bagian dalam mensukseskan agenda-agenda Pemasyarakatan," kata Hendra.

Selanjutnya, pada kunjungan itu, Anna Reynhard juga meresmikan “Galery Lapu Pala” sebagai ruang pamer batik khas Kalimantan yang merupakan hasil karya warga binaan LPP Palangka Raya.

Kemudian juga ada penyerahan bantuan baik berupa dukungan perlengkapan dan peralatan untuk pelatihan keterampilan menjahit dan tandon air bagi warga binaan perempuan LPP Palangka Raya.

Selain itu, juga ada seperangkat alat musik bagi Anak Binaan di LPKA Palangka Raya, Sound system untuk Rutan Palangka Raya dan bantuan Sumur BOR di Lapas Palangka Raya.

Pada kesempatan ini Anna Reynhard juga melakukan penandatanganan prasasti sebagai Apresiasi bagi Lapas Palangka Raya yang antusias menindaklanjuti bantuan dari kami dan segera mewujudkan keberadaan sumur bor, sehingga saat ini mampu menyediakan fasilitas air bersih bagi warga binaan di Lapas Palangka Raya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya imbau masyarakat konsumsi beras SPHP

Baca juga: DPR RI: Tetap jaga kamtibmas Kalteng usai pemilu

Baca juga: KPU Palangka Raya telaah rekomendasi empat TPS laksanakan PSU