Bank Kalteng-Pemkab Seruyan optimalkan UMKM pacu perekonomian daerah

id bank kalteng, pemkab seruyan, umkm, ekonomi daerah, kuala pembuang, seruyan

Bank Kalteng-Pemkab Seruyan optimalkan UMKM pacu perekonomian daerah

Bank Kalteng-Pemkab Seruyan sinergi optimalkan pengembangan sektor UMKM, Kuala Pembuang, Selasa (27/2/2024). (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Bank Kalteng bersama Pemerintah Kabupaten Seruyan bersinergi mengoptimalkan pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memacu perekonomian masyarakat, melalui Program Sentra Layanan Pelaku Usaha (Selalu) Berkah.
 
“Program Selalu Berkah tersebut merupakan pengembangan usaha yang dilakukan Bank Kalteng bagi pelaku usaha yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng),” kata Direktur Keuangan, Operasional dan TI Bank Kalteng Ahmad Selanorwanda di Kuala Pembuang, Selasa.
 
Dia menjelaskan program tersebut mencakup pembinaan dan pendampingan para pelaku usaha dengan menyediakan akses terhadap pelatihan, permodalan hingga pemasaran produk.
 
Bank Kalteng berupaya mengoptimalkan peran yang dimiliki sebagai lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para pelaku UMKM.
 
Selanorwanda menyampaikan melalui pembinaan dan pendampingan yang dilakukan salah satunya dengan penyediaan modal untuk menunjang kegiatan usaha, semakin menunjang UMKM di Seruyan agar semakin berkembang.
 
“Misalnya seperti kelompok pertanian ingin meningkatkan penjualan beras dengan memaksimalkan kemasannya dan memerlukan mesin dalam mengemas hal tersebut, maka para pelaku usaha bisa mengajukan permodalan terkait pembelian alat tersebut,” jelasnya.

Baca juga: Dislutkan-Bank Kalteng sinergikan program subsidi biaya pelaku usaha perikanan
 
Lebih lanjut dijabarkannya produk layanan yang diberikan untuk pelaku usaha perorangan dengan plafon sampai dengan Rp10 juta, sedangkan Kredit UMKM BERKAH yang diberikan kepada kelompok usaha dengan anggota minimal lima pelaku usaha dengan plafon bantuan dana sampai dengan Rp15 juta per orang tanpa agunan, dengan bunga hanya 1,5 persen per tahun.
 
Sementara itu Penjabat Bupati Seruyan Djainuddin Noor menyambut baik dukungan Bank Kalteng dan mengharapkan agar pelaku UMKM bisa lebih berkembang serta semakin kreatif dalam menghasilkan berbagai produk untuk dipasarkan.
 
“Kita harap dengan upaya yang dilakukan oleh teman-teman Bank Kalteng dapat memberikan solusi terkait dengan kendala yang dihadapi pelaku usaha di Seruyan, dengan demikian dapat membantu mereka dalam menjalankan usahanya,” harapnya.

Baca juga: Pj Bupati Barut terima bantuan ambulans untuk RSUD Muara Teweh

Baca juga: Bank Kalteng bersama BKAD se-Kalimantan Tengah samakan persepsi penyusunan laporan tahunan

Baca juga: Bank Kalteng pacu pengembangan olahraga golf di Kalimantan Tengah