Pemkab Katingan siap sukseskan Pilkada 2024

id Pemkab Katingan siap sukseskan Pilkada 2024, kalteng, katingan, pilkada, politik

Pemkab Katingan siap sukseskan Pilkada 2024

Penjabat Bupati Katingan Saiful, saat penandatanganan NPHD Dukungan pengamanan penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Katingan Tahun 2024. ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan dan mendukung penuh pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Salah satu bentuk komitmen kami adalah dengan pelaksanaan penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) dalam pengamanan penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Katingan Tahun 2024," kata Penjabat Bupati Katingan, Saiful di Kasongan, Selasa.

Dia menerangkan, pendanaan kegiatan pilkada ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 41 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.
 
Saiful pun berharap, dengan pelaksanaan penandatanganan NPHD Pemilu 2024, sinergi, koordinasi dan kolaborasi pemerintah daerah dengan TNI, Polri dalam penyelenggaraan dan pengamanan pemilu semakin erat.

"Sehingga semua tahapan dapat terselenggara dengan aman, tertib dan lancar serta mendapatkan hasil yang terbaik untuk kita semua khususnya di Kabupaten Katingan ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Katingan antisipasi kelangkaan komoditas pangan jelang Ramadhan

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Katingan, George Helpin Edwar Doddy menambahkan, pemberian hibah ini ditetapkan melalui Keputusan Bupati Katingan Nomor 300/37 Tahun 2024 Tentang Pemberian Hibah Dukungan Pengamanan Pilkada pada penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2024.

"Anggarannya disiapkan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Katingan Tahun Anggaran 2024," kata  George Helpin.

Dia menerangkan, segala ketentuan mengenai pemberian dana hibah Pengamanan Pilkada ini telah tertuang dalam NPHD yang telah ditandatangani bersama antara Pj Bupati Katingan, Dandim 1019/Katingan dan Kapolres Katingan.

"Sedangkan dokumen berita acara serah terima hibah ditandatangani oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Katingan selaku pejabat yang ditunjuk atas nama pemerintah Kabupaten Katingan dan ditandatangani oleh Dandim 1019/Katingan dan Kapolres Katingan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 1019/Katingan dan Kapolres Katingan melalui Kabag Ops Polres Katingan AKP Ratno menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Katingan untuk pengamanan Pilkada Tahun 2024.

Pihaknya pun akan tetap dengan seksama mengikuti proses mulai dari review hingga tahapan-tahapan pencairan dan pertanggungjawaban sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga: Pemkab Katingan perluas layanan Mal Pelayanan Publik

Baca juga: PKS apresiasi penyelenggaraan pemilu di Katingan berlangsung aman dan kondusif

Baca juga: Pemkab Katingan optimalkan peran Bunda PAUD tingkatkan kualitas pendidikan