Guardiola : Man City sudah setara dengan tim elite Eropa

id Guardiola,manchester city

Guardiola : Man City sudah setara dengan tim elite Eropa

Pep Guardiola (Photo by PEDJA MILOSAVLJEVIC / AFP) (AFP/PEDJA MILOSAVLJEVIC)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Pep Guardiola mengatakan Manchester City setara dengan tim elite Eropa seperti Real Madrid dan Bayern Muenchen karena berhasil lolos ke perempat final Liga Champions dalam tujuh musim berturut-turut.

The Citizen yang meraih gelar Liga Champions pertamanya pada tahun lalu usai mengalahkan Inter Milan di Istanbul, berhasil lolos ke perempat final tahun ini berkat kemenangan 3-1 (agregat 6-2 ) atas FC Copenhagen.

Juara Liga Inggris musim lalu itu juga belum pernah kalah dalam pertandingan Liga Champions di Etihad sejak 2018, bahkan menjadi tim pertama yang mampu mencetak tiga gol atau lebih dalam sembilan pertandingan kandang berturut-turut dalam sejarah kompetisi Eropa itu.

"Yang penting bisa berada di sana (perempat final) selama tujuh tahun berturut-turut, itu sudah cukup mengesankan," kata Guardiola sebagaimana diwartakan AFP Kamis dini hari WIB.

"Kami sangat dihormati oleh lawan. Jumlahnya (tujuh kali ke perempat final) adalah wujud konsistensi kami," kata mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu.

Ia mengatakan, salah satu kunci untuk membesarkan Manchester City di kancah Eropa adalah kepercayaan yang diberikan oleh manajemen klub.

Baca juga: Manchester City amankan tiket 8 besar usai menghajar Copenhagen 3-1

"Saya ingat ketika saya tiba, kami tidak percaya, klub tidak percaya kami bisa melakukannya karena kami tidak memiliki sejarah di Eropa seperti tim di Spanyol atau Jerman," kata dia.

"Tapi semua perlu waktu, ada sebuah proses," kata pria Spanyol itu.

"Mereka memberi saya waktu, jadi terima kasih kepada mereka karena menerima prosesnya. Sekarang kami adalah tim yang yakin bisa melakukannya," kata dia.

Guardiola menyatakan bahwa saat ini timnya sedang fokus pada pertandingan Liga Inggris kontra Liverpool di Anfield pada Minggu (10/3).