Libur Khusus Puasa bagi SMA/SMK/SLB hingga cuti bersama di Kalteng

id Disdik Kalteng,Muhammad Reza Prabowo,Plt Kadisdik Kalteng,kalteng,libur puasa,libur ramadhan,puasa ramadhan,Palangka Raya

Libur Khusus Puasa bagi SMA/SMK/SLB hingga cuti bersama di Kalteng

Sejumlah pelajar membaca ikrar pemilu saat kegiatan sosialisasi dan ikrar peningkatan partisipasi Pemilu 2024 bagi pelajar di SMAN 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (12/2/2024). ANTARA FOTO/Auliya Rahman/nym.

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah mengeluarkan surat Nomor: 421/476/Disdik/III/2024 perihal perubahan pelaksanaan Libur Khusus Puasa (LKP) tahun 2024 bagi sekolah dari tingkat SMA/SMK/SLB hingga cuti bersama dengan pemberian penguatan pendidikan karakter keagamaan yang ada di daerah itu.

Menyusul surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nomor: 421/448/Disdik/III/2024 tentang pelaksanaan LKP dan cuti bersama dengan pemberian penguatan pendidikan karakter keagamaan, maka disampaikan kepada Kepala SMA/SMK/SLB Kalteng Perubahan pelaksanaan LKP dan cuti bersama.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Muhammad Reza Prabowo di Palangka Raya, Kamis, mengatakan bahwa pada tanggal 11 Maret 2024 libur Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946. Sedangkan pada tanggal 12 Maret 2024 cuti bersama dalam rangka Hari Suci Nyepi.

Selanjutnya, LKP awal bulan Ramadhan dimulai tanggal 13 - 16 Maret 2024. Sedangkan untuk kegiatan proses belajar mengajar masuk kembali pada tanggal 18 Maret 2024.

Untuk kegiatan belajar selama bulan puasa Ramadhan dimulai pada pukul 07.30 WIB, durasi satu jam pelajaran selama 35 menit.

Untuk waktu jam istirahat ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing sekolah.

Baca juga: Libur awal puasa Ramadhan dari TK,SD dan SMP di Palangka Raya

Selama bulan Ramadhan, kegiatan belajar mengajar praktik yang mana banyak menggunakan aktivitas fisik, untuk sementara ditiadakan.

Selanjutnya, untuk LKP Hari Raya Idul Fitri dimulai dari tanggal 8, 9, 12, 13, dan 15 April 2024. Sedangkan untuk kegiatan belajar mengajar masuk kembali pada tanggal 16 April 2024 seperti biasa.

Oleh sebab itu, selama LKP ia meminta kepada guru pendidikan agama dan budi pekerti memberikan tugas kepada peserta didik tentang penguatan pendidikan karakter keagamaan.

Baca juga: Disdik Kotim ingatkan satuan pendidikan tidak menambah libur Ramadhan

"Penguatan pendidikan karakter keagamaan peserta didik pada bulan Ramadhan merupakan momentum yang sangat penting untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Selain itu, ia meminta kepada seluruh keluarga besar pendidikan di Kalteng agar dapat memelihara dan meningkatkan kualitas kerukunan serta sikap toleransi antar umat beragama di Kalteng, sehingga pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan bagi seluruh umat Islam dapat berjalan dengan tertib, lancar dan ibadahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.