Film Michael Jackson membahas tuduhan pelecehan seksual

id Michael Jackson,pelecehan seksual

Film Michael Jackson membahas tuduhan pelecehan seksual

Michael Jackson semasa hidup. (ANTARA/Instagram/michaeljackson)

Jakarta (ANTARA) - Film biografi Michael Jackson yang akan datang dilaporkan bakal membahas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak atas penyanyi tersebut.

Melansir artikel NME pada Sabtu (9/3), film tersebut mendapat persetujuan dari pihak Jackson tetapi masih belum jelas apakah akan mengeksplorasi aspek paling kontroversial dalam hidupnya.

Namun demikian, sebuah laporan baru menunjukkan bahwa film tersebut akan mengeksplorasi aspek tersebut.

Matthew Belloni dari Puck News telah memperoleh draf awal naskahnya, dan mengatakan bahwa film tersebut sangat ingin meyakinkan bahwa Michael tidak bersalah.

Baca juga: Lionsgate umumkan daftar pemain film biopik Michael Jackson

“Film tersebut berusaha keras untuk meminimalkan dan meremehkan klaim sebenarnya dan membuang isi perut keluarga Chandler,” ujarnya.

Pada tahun 1993, seorang dokter gigi dan penulis skenario yang tinggal di Los Angeles, Evan Chandler menuduh Michael Jackson melakukan pelecehan seksual terhadap putranya Jordan yang berusia 13 tahun.

Kasus ini selesai ketika kedua pihak mencapai penyelesaian finansial pada tahun 1994.

Pada tahun 2013, empat tahun setelah kematian Jackson, koreografer Wade Robson mengajukan gugatan terhadap harta miliknya, dengan mengatakan bahwa Jackson telah melakukan pelecehan seksual terhadapnya antara usia tujuh dan 14 tahun. Pria lain, mantan aktor cilik James Safechuck, juga mengajukan tuduhan tersebut.

Sutradara film dokumenter Leaving Neverland, yang mendokumentasikan tuduhan Robson dan Safechuck, baru-baru ini mengkritik pembuatan film biografi baru tersebut, dengan mengatakan bahwa film tersebut akan mengagungkan seorang pria yang memperkosa anak-anak.

Robson dan Safechuck telah meminta agar persidangan bersama mereka dimulai sebelum pembebasan Michael.

Baca juga: Juliano Krue Valdi akan perankan sosok Michael Jackson cilik

Film tersebut telah dipastikan tayang di bioskop Amerika Serikat pada 18 April 2025 oleh rumah produksi Lionsgate.

Diumumkan pada Januari 2023 bahwa keponakan Michael Jackson, Jaafar Jackson, akan berperan sebagai Raja Pop dalam film tersebut.

Jaafar adalah putra dari saudara laki-laki Michael, Jermaine. Ini akan menjadi debut film pemain berusia 27 tahun tersebut, meskipun ia pernah tampil di reality show Lifetime The Jacksons: Next Generation.

“Dengan Jaafar, setiap penampilan, setiap nada, setiap gerakan tarian adalah Michael. Dia mewujudkan Michael dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh aktor lain,” kata produser Graham King dalam pernyataannya baru-baru ini.

Sementara itu, peran ayah Michael, Joe Jackson akan diisi oleh Colman Domingo.

Juga diumumkan untuk film ini adalah Miles Teller, yang akan berperan sebagai John Branca, manajer Michael setelah ayahnya, dan orang yang berperan penting dalam meluncurkan karier solonya.

Branca juga terdaftar sebagai produser eksekutif dalam film tersebut.

Film ini akan disutradarai oleh Antoine Fuqua, yang terkenal dengan film-filmnya termasuk Training Day, The Equalizer, dan Brooklyn’s Finest. Film ini juga akan ditulis oleh John Logan, yang sebelumnya pernah mengerjakan Gladiator, The Aviator, Skyfall, dan Spectre.

Syuting dimulai pada bulan Januari, tertunda karena pemogokan akting pada tahun 2023, dengan pengambilan gambar utama di Santa Monica diperkirakan memakan waktu 80 hari.