294 peserta SD-MI ikuti OSN tingkat kabupaten/kota di Palangka Raya

id Disdik Palangka Raya,Kalteng,OSN Tingkat Kabupaten Kota,Kadisdik Palangka Raya Jayani ,Kepala Bidang Pembina SD Rachmad Winarso

294 peserta SD-MI  ikuti OSN tingkat kabupaten/kota di Palangka Raya

Kepala Disdik Kota Palangka Raya Jayani (tengah) didampingi Kabid Pembina SD Rachmad Winarso melakukan peninjauan terkait pelaksanaan OSN tingkat SD/MI sederajat di daerah setempat, (21/3/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 294 peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sederajat di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengikuti pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) 2024 tingkat kabupaten/kota di daerah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani, Jumat, mengatakan pelaksanaan kegiatan tersebut dipusatkan di SDN 1 Menteng dengan rincian total peserta yakni 142 mengikuti bidang studi IPA dan 152 peserta mengikuti bidang matematika.

"Dari 294 peserta yang mengikuti OSN-SD tersebut berasal dari 42 satuan pendidikan jenjang SD/MI sederajat yang ada di daerah setempat," kata Jayani.

Dia menuturkan, dalam pelaksanaan lomba semua peserta diharuskan mendownload aplikasi OSN-SD di playstore yang telah disediakan panitia OSN pusat di perangkat android masing-masing.

"Sedangkan waktu pengerjaan soal selama 60 menit yang dimulai dari pukul 08.00-09.00 WIB," katanya.

Sedangkan, Sambung Jayani, seleksi tingkat kabupaten/kota ini akan memilih maksimal lima orang peserta untuk mewakili kabupaten/kota pada OSN-SD/MI sederajat tingkat provinsi.

Peserta yang lolos OSN tingkat kabupaten/kota untuk setiap bidang lomba akan ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan Surat Keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia dan akan mengikuti OSN tingkat provinsi pada 2024.

"Balai Pengembangan Talenta Indonesia nantinya akan mengumumkan hasil OSN tingkat kabupaten/kota melalui laman website pusat prestasi nasional dan media lain," ucapnya.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan OSN SD/MI sederajat tingkat kota/kabupaten di hari pertama Kamis (20/3), untuk bidang studi IPA mengalami banyak kendala. Hal ini terjadi karena server pusat down sehingga dalam proses mengerjakan soal, peserta mengalami banyak  kendala.

Kendala yang terjadi pada waktu pelaksanaan OSN IPA studi tidak hanya terjadi di Kota Palangka Raya tapi terjadi di seluruh Indonesia. Hal ini sudah dilaporkan ke panitia OSN pusat.

"Untuk pelaksanaan OSN Matematika di hari kedua alhamdulillah berjalan aman, lancar dan tanpa kendala yang berarti. Kegiatan OSN SD/MI sederajat ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan SD di Disdik Kota Palangka Raya, Rachmad Winarso," Demikian Jayani.