Panen raya padi pacu perekonomian petani di Pulang Pisau

id Panen raya padi pacu perekonomian petani di Pulang Pisau, kalteng, Pulang Pisau, ekonomj

Panen raya padi pacu perekonomian petani di Pulang Pisau

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dan Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani saat kegiatan panen raya padi di Desa Blanti Siam Blok A Kecamatan Pandih Batu Senin (1/4/2024). ANTARA/ HO-Diskominfostandi Pulang Pisau

Pulang Pisau (ANTARA) - Penjabat Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Nunu Andriani mengungkapkan, panen raya padi yang dilaksanakan di kawasan food estate Desa Blanti Blok A Kecamatan Pandih Batu bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para petani.

"Ini sekaligus juga menjawab berbagai komentar terkait dengan pengembangan salah satu program strategis nasional ini. Panen raya padi ini merupakan wujud dari keseriusan pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan pertanian dalam mewujudkan tercapainya kedaulatan pangan,” kata Nunu Andriani di Pulang Pisau, Senin.

Dikatakan Nunu Andriani, perlu dipahami pembangunan pertanian merupakan bagian dari strategi pembangunan nasional dimana sebagai salah satu bagian dari nawacita yang dicanangkan oleh pemerintah.

Selain itu, ini sebagai bagian dari upaya yang diharapkan menjadi satu kesatuan yang utuh dalam pembangunan wilayah sebagai rancangan kegiatan untuk pembangunan pertanian berkelanjutan.

Pemerintah setempat, kata dia, merespons dengan baik dan mendukung program strategis nasional dari pusat ini dengan mengoptimalkan potensi yang ada khususnya pada sektor pertanian untuk melaksanakan kegiatan pengembangan padi berbasis kawasan. Sampai saat ini kabupaten setempat  merupakan lumbung pangan kedua di Provinsi Kalimantan Tengah. 

Panen raya padi ini, papar Nunu Andriani, juga menjadi salah satu upaya pemerintah setempat ikut andil dalam penanganan inflasi khususnya beras, inflasi terutama pada beras lokal dan beras pera. Penyerahan simbolis bantuan varietas padi unggul PB42 yang menghasilkan beras pera yang juga merupakan salah satu upaya penanganan inflasi komoditas beras.

Baca juga: Wagub Kalteng pimpin panen raya di kawasan Food Estate Pulang Pisau

Di hadapan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo bersama rombongan yang hadir dalam panen raya, Nunu Andriani mengungkapkan kehadiran pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah merupakan momentum  bersama untuk kembali mempublikasi kondisi pertanian di Kabupaten Pulang Pisau dan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat petani, para petugas teknis pertanian melalui bantuan yang diberikan pemerintah untuk peningkatan pembangunan pertanian di daerah yang berpotensi.

“Hal ini kami pandang penting dilakukan untuk menjawab berbagai komentar terkait kegiatan food estate dan juga akhir ini produk beras mengalami peningkatan harga, ketersediaan stok yang berkurang sehingga dapat juga menyebabkan inflasi,” ucapnya.

Menurutnya, panen raya padi ini bertujuan untuk memacu kegiatan pembangunan pertanian Kabupaten Pulang Pisau khususnya dan Kalimantan Tengah umumnya. Pengembangan tanaman pangan ini adalah salah satu strategi untuk menyediakan pangan bagi masyarakat Kabupaten Pulang Pisau dan Kalimantan Tengah serta memperbaiki pendapatan dan taraf hidup para petani.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan bahwa panen tahun ini cukup lumayan dibanding tahun sebelumnya. Panen tahun lalu di tempat yang sama hanya menghasilkan 5,7 ton per hektare, namun sekarang meningkat menjadi 6,8 ton per hektare dengan varietas yang sama. 

“Artinya ada perbaikan setelah dilakukan upaya optimalisasi lahan sehingga hasil produktivitas juga semakin meningkat. Tidak salah wilayah ini menjadi sentra produksi padi dan pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus mendorong agar hilirisasi juga dibangun di kabupaten setempat,” demikian Edy Pratowo.

Baca juga: RSUD Pulang Pisau kembali laksanakan operasi gratis bibir sumbing

Baca juga: Umat Islam di Pulang Pisau diajak memaknai Ramadhan untuk memperkuat ukhuwah

Baca juga: Banjir di Pulang Pisau meluas ke tiga kecamatan