Yepta Diharja layak maju di Pilkada Gumas 2024

id Yepta Diharja,Kurun,Gumas,Kalteng,Pilkada Gumas 2024,Yepta Diharja layak maju di Pilkada Gumas 2024

Yepta Diharja layak maju di Pilkada Gumas 2024

Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah Tampung

Kuala Kurun (ANTARA) - Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah Tampung mengatakan Yepta Diharja dinilai layak dan diperhitungkan sebagai bakal calon bupati setempat pada Pilkada serentak 2024.

"Yang saya tahu, Yepta Diharja selama ini sangat dekat dengan masyarakat, dia tahu dan paham masalah yang dihadapi masyarakat Gumas saat ini. Yepta memiliki konsep dan program yang bagus untuk memajukan perekonomian masyarakat," kata Mantan aktivis Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Gumas saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Senin.

Tampung mengungkapkan, bahwa salah satu pigur yang bisa diperhitungkan dan dinilai memiliki kemampuan membawa kabupaten berjuluk 'Habangkalan Penyang Karuhei Tatau' menjadi lebih baik yaitu Yepta Diharja.

"Dia adalah seorang tokoh pemuda yang penuh bersahaja dan penuh berpengalaman baik pengalaman di organisasi, yang mana pernah menjadi Ketua PMK Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian tahun 1999, Sekretaris HMJ Ekonomi Pertanian tahun 2000, Wakil Sekretaris Senat Mahasiswa Faperta 2021, Presidium Pendidikan PMKRI Cabang Palangka Raya 2021, Sekretaris Umum Angkatan Muda Demokrat Indonesia (AMDI) Kalteng 2005, Wakil Ketua KNPI Kabupaten Gumas 20215 dan sebagai Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Gumas tahun 2022 sampai sekarang," kata mantan Kepala Desa Tumbang Malahoi itu.

Selain itu, kata Tampung yang juga Ketua Garda Wirausaha Nasional, Kabupaten Gumas, mengungkapkan bahwa selama ini Yepta Diharja dikenal sebagai tokoh pemuda yang konsisten dalam menggerakkan roda pembangunan ekonomi dan membangun produktivitas usaha masyarakat Gumas, yakni melalui Central Borneo Credit Union.

"Saya kenal dengan beliau sudah lama, lebih dari 15 tahun, dan saya terus mengikuti perkembangan dari aktivitas pemberdayaan ekonomi yang beliau lakukan selama ini bagi masyarakat Gumas," katanya.
Yepta Diharja (tengah) saat foto bersama dengan masyarakat Kabupaten Gunung Mas, Kalteng. (ANTARA/HO-Ist)


Oleh karena itu, kami dari sejumlah masyarakat Rungan berharap penuh kepada saudara Yepta Diharja untuk bisa maju di Pilkada 2024, walaupun sudah ada beberapa figur yang maju sebagai bakal calon bupati Gumas di bebebrapa media cetak maupun online.

Tampung menilai, bahwa sekarang kondisi masyarakat, khususnya pada usaha yang digeluti masyarakat saat ini belum ada perubahan yang signifikan yang cukup berarti, terutama untuk kemajuan ekonomi masyarakat mandiri. "Apabila hal ini dibiarkan dan dibiarkan begitu saja, maka tidak menutup kemungkinan kehidupan masa depan masyarakat Gumas tidak akan merasakan dampak postif yang lebih, padahal kita sadari bahwa Kabupaten Gumas memiliki sumber daya alam (SDA) yang luas dan berlimpah. 

Oleh karena itu untuk menjawab permasalahan masyarakat Gumas baik dibidang ekonomi, usaha produktif maupun lainnya, maka sosok Yepta Diharja dinilai cocok untuk menjadi Bupati Gunung Mas periode 2024-2029, katanya.

Sejatinya, pertumbuhan ekonomi juga merupakan bagian dari pembangunan ekonomi. Faktor utama yang memengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi adalah SDA, sumber daya manusia (SDA), kepemilikan modal, dan kewirausahaan. 

Tujuan dari pembangunan ekonomi adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan produksi, pendapatan per kapita, dan perbaikan standar hidup. Proses ini mencakup sejumlah aspek yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Selain itu, peningkatan indikator ekonomi pembangunan daerah bisa dikatan maju dan meningkat secara berkelanjutan, apabila dipengaruhi adanya pertumbuhan ekonomi, distribusi pendapatan, pendidikan ksehatan, pengentasan kemiskinan, infrastruktur, kebijakan ekonomi, pengembangan di sektor swasta, keberlanjutan lingkungan, dan partisipasi masyarakat.

Dan semuanya itu dilakukan hanya demi untuk kepentingan serta meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.