124 peserta seleksi anggota Polri jalani pemeriksaan administrasi awal

id 124 peserta seleksi anggota Polri jalani pemeriksaan administrasi awal, kalteng, Katingan, Polri

124 peserta seleksi anggota Polri jalani pemeriksaan administrasi awal

Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, didampingi Wakapolres Katingan Kompol Uni Subiyanti, saat meninjau proses pengukuran tinggi badan dan berat badan peserta. ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Sebanyak 124 peserta penerimaan anggota Polri tahun anggaran 2024 di Polres Katingan menjalani pemeriksaan administrasi (Rikmin) awal, di aula Bhayangkara Polres Katingan, Kalimantan Tengah.

"Saya berharap kegiatan Rikmin ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, transparan dan tidak ada Korupsi, Kolusi dan Nepotisme," kata Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana di Kasongan, Rabu.

Pada pemeriksaan administrasi (Rikmin) awal tersebut dia didampingi  Wakapolres Katingan Kompol Uni Subiyanti meninjau langsung, terutama saat pengukuran tinggi badan dan berat badan peserta.

Kegiatan ini juga disaksikan Tim Pengawas Internal dari (Kasiwas dan Kasi Propam Polres Katingan) dan Tim Pengawas Eksternal dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Katingan.

"Pelaksanaan kegiatan ini harus memang benar-benar menghasilkan anggota-anggota Polri yang berkualitas," kata Gede Putu.

Dia meminta pengawas internal dan eksternal bisa memainkan peran dan fungsinya dengan baik serta kepada panitia bisa melaksanakan tugas sesuai dengan koridor dan fungsi yang ada.

Dia mengimbau untuk peserta yang menjadi calon anggota Polri harus semangat dan berusaha sebaik mungkin. Dia juga berharap para peserta adik bisa menjaga apa yang sudah disiapkan selama ini baik dari segi fisik maupun mental.

Peserta juga diminta untuk bersaing secara maksimal dengan mengedepankan sportifitas atau kejujuran pada setiap tahapan yang dilalui.

Baca juga: Polres Katingan catat 89 peserta telah mendaftar penerimaan Polri

"Apalagi, proses seleksi itu tidak hanya saat ini saja. Sebab  masih ada seleksi ujian atau tes tahap berikutnya, sehingga harus tetap bisa mempertahankan kesehatan, akademis, psikologi dan  lain-lain sebagainya untuk tetap maksimal," katanya.

Dia juga meminta panitia berupaya untuk melakukan tugas dengan sebaik-baiknya, setransparan mungkin. Sehingga kami harapkan tidak ada peserta nanti yang merasa kecewa dengan keputusan yang tidak adil.

Hasil total rekapitulasi data pendaftaran RIM Polri tahun anggaran 2024 di Polres Katingan sebanyak 124 peserta tersebut terdiri dari peserta calon Akpol 3 orang, Bintara PTU 99 orang, Bintara Komunikasi Khusus (Bakomsus) Nakes 1 orang, Bakomsus PSI 1 orang, Bakomsus Hukum 1 orang, Bakomsus TI 8 orang, dan Tamtama 11 orang.

Dari total 124 peserta tersebut ada sebanyak 112 orang Pria dan 12 orang Wanita. Sementara untuk  pendaftaran yang merupakan putra daerah ada sebanyak 98 orang.

Kemudian untuk putra daerah campuran sebanyak 15 orang dan pendaftar pendatang (orang tua peserta yang bekerja di wilayah Kabupaten Katingan) ada sebanyak 11 orang.

Kegiatan ini merupakan rujukan pengumuman Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Nomor :Peng/9/IV/DIK.2.1./2024 Tanggal 5 April 2024 tentang Penerimaan Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2024.

Pengumuman Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Nomor :Peng/10/IV/DIK.2.1./2024 Tanggal 5 April 2024 tentang Penyelenggaraan Rekrutmen Proaktif Bintara Polri Tahun Anggaran 2024.

Pengumuman Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Nomor :Peng/11/IV/DIK.2.1./2023 Tanggal 5 April 2023 tentang Penerimaan Tamtama Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2024.

Baca juga: Pemkab Katingan fasilitasi penyelesaian sengketa lahan

Baca juga: Pj Bupati Katingan: KLHS hasilkan pembangunan berkelanjutkan

Baca juga: Pemkab Katingan terus upayakan harga beras stabil saat Ramadhan