ITDC: Pengelolaan Sirkuit Mandalika setara hotel bintang lima

id itdc,sirkuit mandalika,ntb

ITDC: Pengelolaan Sirkuit Mandalika setara hotel bintang lima

Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang akan menjadi tuan rumah dari JDM Funday Mandalika 2024 Pada 28 April hingga 5 Mei 2024. (ANTARA/HO/InJourney Tourism Development Corporation)

Jakarta (ANTARA) - PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengemukakan sistem pengelolaan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat sama seperti sistem yang diterapkan pada pengelolaan hotel berkelas bintang lima.


"Kami menganggap pengelolaan Sirkuit Mandalika itu setara dengan hotel bintang lima. Itu yang kami terapkan saat ini bersama MGPA," ujar Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Troy Reza Warokka dalam konferensi pers Pertamina RMS di Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan hal itu menanggapi pertanyaan seputar bagaimana ITDC selaku pengelola kawasan Sirkuit Mandalika menjaga fasilitas tersebut agar terus beroperasi sesuai standar internasional.

Troy menjelaskan, ITDC memberikan penugasan baru kepada Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tidak hanya sebagai penyelenggara acara olahraga namun juga pelayanan (hospitalitas).

"Karena ini adalah venue, kami ini adalah kawasan sehingga semua aspek menjadi tolok ukur, menjadi sorotan, serta ujian dari sponsor maupun pencinta otomotif," ujarnya.

Troy menjelaskan, infrastruktur seperti aspal di Sirkuit Mandalika juga terus dirawat dan digunakan karena semakin sering digunakan maka kualitasnya akan semakin baik.

Fasilitas lain seperti toilet, kata dia, juga terus diperiksa setiap hari oleh tim ITDC untuk memastikan tetap bersih dan berfungsi dengan baik.



"Pengecekan itu kami lakukan termasuk dengan lampu, listrik, dan juga keamanan," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk pengelolaan pada aspek keamanan, pihaknya juga menerapkan sinergi antar BUMN melalui kerja sama dengan Angkasa Pura Support (APS) yang lebih berpengalaman.

Dengan demikian, kata dia, pengawasan keamanan untuk ruang kontrol, pusat koordinasi, dan lainnya juga dilakukan secara rutin dan ketika ada permasalahan langsung dikoordinasikan untuk segera diselesaikan.

Troy mengatakan terus menjaga kawasan Sirkuit Mandalika karena sudah dibangun dengan nilai investasi besar dari pemerintah. Di sisi lain, pihaknya juga menginginkan menjaga standar kawasan tersebut menjadi yang terbaik bahkan hingga tingkat dunia.

Ia menambahkan, saat ini fasilitas di Sirkuit Mandalika juga sudah dilengkapi dengan pelayanan Bea Cukai. Ke depan, kata dia, akan dibangun pula garasi untuk roda empat dengan mengundang investor.

"Jadi checking, perawatan, itu menjadi hal mutlak dan fasilitas juga kami tambah," pungkasnya.