Manchester United juarai Piala FA usai singkirkan Manchester City

id manchester united,juara ,piala fa,singkirkan ,manchester city,liga inggris

Manchester United juarai Piala FA usai singkirkan Manchester City

Pemain Manchester United Rasmus Hojlund mengangkat Piala FA usai kemenangan mereka atas Manchester City di final Piala FA 2024 di stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (25/5/2024). MU menang 2-1 atas City dan menjuarai Piala FA untuk yang ke-13 kalinya. ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Andrew Couldridge/foc.

Jakarta (ANTARA) - Manchester United (MU) menjuarai Piala FA setelah menekuk Manchester City 2-1 pada partai final di Stadion Wembley, London, Sabtu.

 

Pada pertandingan ini, kemenangan Manchester United hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Alejandro Garnacho dan Kobbie Maino, sedangkan Manchester City sempat membalas lewat Jeremy Doku.
 
Keberhasilan menjuarai Piala FA juga membuat Manchester United mengamankan satu tiket berlaga di Liga Europa musim depan, meski mengakhiri Liga Inggris di posisi ke-8.
 
Secara statistik City sebenarnya mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 69 persen penguasaan bola
 
MU mendapatkan peluang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan menciptakan peluang lewat tendangan Alejandro Garnacho yang masih dapat diamankan kiper City Stefan Ortega.
 
Selanjutnya giliran City yang menciptakan peluang lewat tendangan Phil Foden, namun masih menyamping dari gawang MU yang dijaga Andre Onana.
 
MU mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 30 lewat gol Alejandro Garnacho yang memanfaatkan kesalahan lini pertahanan City sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Skuad asuhan Erik ten Hag sempat menggandakan keunggulan melalui gol kedua Garnacho, namun tidak disahkan oleh VAR karena pemain asal Argentina tersebut sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.
 
Baca juga: Karier Ten Hag bisa selamat jika juara Piala FA

Baca juga: Manchester United harus lakukan segalanya demi juarai Piala FA


MU akhirnya benar-benar menggandakan keunggulan pada menit 39 setelah umpan Bruno Fernandes dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan kaki kanan Kobbie Maino sehingga skor berubah menjadi 2-0.
 
Tertinggal dua gol, City terus menggempur lini pertahanan MU, namun hingga turun minum, skor 2-0 tetap bertahan.
 
Memasuki babak kedua, City mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun upaya yang mereka lakukan belum bisa membuahkan hasil.
 
City mendapatkan peluang emas melalui tendangan Erling Haaland, akan tetapi upaya yang ia lakukan masih membentur mistar gawang MU.
 
Selanjutnya giliran Julian Alvarez yang menciptakan peluang untuk membawa City memperkecil ketertinggalannya, namun tendangannya masih menyamping dari gawang MU.
 
City akhirnya mampu memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 setelah tendangan Jeremy Doku tak dapat dihalau oleh Onana pada menit 87.
 
Pada sisa waktu pertandingan, City terus menggempur lini pertahanan MU dan sempat menciptakan beberapa peluang, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-1 untuk kemenangan The Red Devils tetap bertahan.