Ketua DPRD Palangka Raya: Pengawasan menjadi pilar penting penyelenggaraan pemilu

id dprd palangka raya, sigit k yunianto, panwaslu, pilkada palangka raya, pilkada 2024, palangkaraya

Ketua DPRD Palangka Raya: Pengawasan menjadi pilar penting penyelenggaraan pemilu

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto saat memeberikan keterangan kepada media. ANTARA/M Husein Asy'ari

Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto meminta seluruh panitia pengawas pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan di daerah setempat dapat melaksanakan tugas dengan penuh integritas dan tanggung jawab.
 
"Ini untuk memperkokoh komitmen bersama dalam memastikan pemilihan kepala daerah di Kota Palangka Raya berjalan tanpa adanya pelanggaran," katanya di Palangka Raya, Senin.
 
Dia menjelaskan, peran Panwaslu sangat strategis untuk memastikan pemilihan kepala daerah yang bersih dan adil. Sebab dia menilai, aspek pengawasan merupakan pilar penting dalam penyelenggaraan pemilu yang demokratis.
 
"Mereka (Panwaslu) ini kan sudah diambil sumpah dan janji. Artinya mereka harus benar-benar mengamalkan apa yang sudah diucap dengan sungguh-sungguh," ucapnya.

Baca juga: DPRD Palangka Raya dorong masyarakat bermitra dengan perusahaan budi daya ayam broiler
 
Dia juga meminta agar Panwaslu dapat menjalin sinergi yang baik dengan KPU Kota Palangka Raya, agar mampu mewujudkan pemilihan kepala daerah yang berkualitas.
 
Sinergi tersebut penting dilakukan, agar ketika terjadi suatu pelanggaran pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah, Panwaslu dapat segera melapor.
 
"Tanpa adanya komunikasi yang baik, akan menyulitkan Panwaslu dalam bekerja di lapangan," ujarnya.
 
Untuk itu Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah ini mengingatkan pentingnya pengawasan yang ketat oleh Panwaslu agar pemilihan kepala daerah 2024 ini dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan membangun daerah.
 
"Saya yakin dan percaya para Panwaslu yang ada di Kota Palangka Raya semua terpilih atas proses seleksi yang ketat sehingga kinerjanya seharusnya tidak usah dipertanyakan kembali," demikian Sigit Karyawan Yunianto.

Baca juga: Cegah banjir di Kota Palangka Raya, pemerintah diminta pastikan drainase bersih

Baca juga: Bawaslu Palangka Raya terus tingkatkan pengawasan partisipatif Pilkada

Baca juga: Panwas Kecamatan se-Palangka Raya harus jaga marwah lembaga