Panwas Kecamatan se-Palangka Raya harus jaga marwah lembaga

id Bawaslu, panwas, kecamatan, pilkada, Kalteng, Palangka Raya,Bawaslu Palangka Raya ingatkan panwas kecamatan,ingatkan pan

Panwas Kecamatan se-Palangka Raya harus jaga marwah lembaga

Pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan di Kota Palangka Raya. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya Endrawati, meminta Panitia Pengawas Kecamatan untuk selalu menjaga integritas, selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 berlangsung.

"Kami minta para anggota Panwas Kecamatan yang baru saja dilantik menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, menjaga netralitas serta profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengawasan di daerah masing-masing," kata Endrawati di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin.

Dia menambahkan, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, anggota Panwas Kecamatan tidak boleh membawa kepentingan apapun, terlebih kepentingan politik yang dibawa oleh calon ataupun partai pengusung. "Selalu jaga marwah lembaga. Jangan sampai nama baik lembaga tercoreng karena panwas melakukan hal-hal yang melanggar peraturan itu sendiri," katanya.

Sebagai penyelenggara pemilu, sisi pengawasan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Integritas serta profesionalitas berdasarkan pada undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur bupati dan walikota harus terus dijaga.

Pernyataan itu diungkapkan Endrawati saat dikonfirmasi terkait pelantikan Panitia Pengawas tingkat kecamatan di kota Palangka Raya.

Baca juga: KPU Bartim lantik 309 anggota PPS Pilkada 2024

Wanita berhijab itu mengatakan, anggota Panwas Kecamatan yang dilantik tersebut telah melalui proses seleksi dan evaluasi yang ketat. Tujuannya untuk memastikan mereka memiliki kapasitas dan integritas dalam melaksanakan tugas pengawasan pada Pilkada.

"Panitia pengawas merupakan pengawal utama dalam pelaksanaan demokrasi serta menjadi ujung tombak dalam upaya menciptakan pilkada tanpa pelanggaran," kata Endrawati.

Untuk itu, dia meminta jajaran pengawas di tingkat kecamatan selalu menjunjung tinggi profesionalitas dan integritas serta melaksanakan tugas sesuai regulasi yang ada.

Dia juga mengingatkan para anggota panitia pengawas Kecamatan tentang tantangan yang akan dihadapi selama tahapan pemilu dilaksanakan. Untuk itu dia menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi yang baik yang dilakukan panitia pengawas kecamatan dengan berbagai pihak terkait termasuk pemerintah daerah.

Baca juga: Ketua KPU Kotim ingatkan PPS pahami regulasi dengan baik

Baca juga: KPU Kobar lantik 282 anggota PPS pilkada


Baca juga: Bawaslu Katingan lantik 39 anggota Panwaslu Kecamatan