KPU Kobar lantik 282 anggota PPS pilkada

id KPU Kobar lantik282 anggota PPSpilkada, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, pilkada, pemilu, politik

KPU Kobar lantik 282 anggota PPS pilkada

Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota PPS di Pangkalan Bun, Minggu (26/5/2024) ANTARA/Safitri RA

Pangkalan Bun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) wilayah setempat.

"Hari ini sebanyak 282 orang anggota PPS kita lantik dan kita ambil sumpah janji untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024," kata Ketua KPU Kabupaten Kobar Chaidir di Pangkalan Bun, Minggu.

Chaidir mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah janji tersebut merupakan awal dari proses penting dalam kelangsungan pilkada tahun ini.

“Sumpah janji dan fakta integritas yang diucapkan bukan hanya sekadar kata-kata, tetapi menjadi acuan utama dalam melaksanakan tahapan pilkada," ucapnya.

Dia menyampaikan, anggota PPS yang di lantik memiliki tugas yang sangat penting untuk kelancaran pelaksanaan pilkada yang akan di laksanakan pada 27 November mendatang.

Untuk itu anggota PPS diberikan pembekalan terkait aturan dalam penyelenggaraan pilkada. Pengetahuan itu akan menjadi modal bagi mereka dalam menjalankan tugas di lapangan.

Baca juga: Pemkab Kobar perbaiki sistem pelayanan publik dengan membangun SPBE

"Sebagai penyelenggara di tingkat desa dan kelurahan, tugas anggota PPS sangat berat. Mereka bertanggung jawab atas kelancaran setiap tahapan pilkada di wilayah mereka masing-masing," ungkapnya.

Dia menambahkan, jika seluruh anggota PPS menjalankan tugas dengan baik, maka masyarakat akan percaya pada proses pilkada.

Chaidir menambahkan, saat ini tahapan pilkada terus berjalan. proses rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih akan segera dimulai dengan tujuan memastikan data pemilih akurat dan valid. 

“Kita harus memastikan setiap warga yang berhak, terdaftar dalam daftar pemilih tetap,” sambungnya.

Tidak hanya itu, dia juga berpesan kepada anggota PPS yang sudah dilantik untuk bersikap adil dan jujur serta netral. Anggota PPS wajib mematuhi aturan agar bisa menjalankan tugas dengan baik.

Chaidir juga meminta dukungan semua pihak, khususnya seluruh masyarakat agar pelaksanaan pilkada berjalan lancar dan sukses. Peran masyarakat, di antaranya dalam menggunakan hak pilih, akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan pilkada nanti.

Baca juga: Penghargaan SPM jadi motivasi Pemkab Kobar terus tingkatkan pelayanan

Baca juga: KPPN Pangkalan Bun dan Pemkab Kobar bekerja sama memperluas pembiayaan UMi

Baca juga: Sekda ingatkan OPD di Kobar selalu berikan perizinan sesuai aturan