Kesatria Solo meraih 16 kemenangan beruntun

id Kesatria Bengawan Solo,kemenangan beruntun,ibl,basket indonesia

Kesatria Solo meraih 16 kemenangan beruntun

Pebasket Kesatria Bengawan Solo Chanceler James Gettys (tengah) bersama rekan setimnya berselebrasi usai mengalahkan tim Bali United Basketball dalam pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di GOR Merpati, Denpasar, Bali, Rabu (29/5/2024). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Kesatria Bengawan Solo mencatat 16 kemenangan secara beruntun setelah mengalahkan Bali United Basketball dengan skor akhir 90-88 dalam laga lanjutan IBL 2024 yang digelar di GOR Merpati Bali, Rabu.


Nuke Tri Saputra memastikan rekor kemenangan beruntun Kesatria Bengawan Solo tetap terjaga dan menjadi 16 kali menang berturut-turut setelah Nuke mencetak poin kemenangan untuk Kesatria.

Nuke mencuri bola dari tangan Abraham Wenas di sisa empat detik, saat Bali United melakukan penguasaan bola yang terakhir pada laga tersebut.

"Bersyukur bisa diberi kemenangan hari ini. Intinya di laga kali ini adalah defense, defense, dan defense," kata Nuke seperti dikutip dari laman IBL.

Nuke menyebut rekor 16 kemenangan beruntun yang dibawa oleh timnya hingga pekan ke-14 IBL memberikan tekanan tersendiri agar rekor tersebut tidak terhenti. Namun dia mengatakan timnya terus fokus pada setiap pertandingan satu demi satu.

"Memang dengan 16 kemenangan beruntun, tentunya menjadi beban bagi tim kami. Tapi ini tidak boleh mengganggu konsentrasi kami dalam setiap pertandingan," kata Nuke.

Setelah tertinggal 46-51 di babak pertama, Kesatria memulai kuarter ketiga dengan gemilang. Mereka melaju 10-3 di awal kuarter ketiga untuk membalikkan keadaan menjadi 56-54.



Untuk pertama kalinya sejak tip-off, akhirnya tim asuhan Efri Meldi memimpin jalannya laga. Poin Kesatria terus mengalir deras hingga mereka mencetak keunggulan tujuh angka (65-58) setelah Katon Baskoro berhasil mengeksekusi tembakan tiga angka. Kuarter ketiga berakhir dengan skor 72-66 untuk keunggulan Kesatria.

Kubu tuan rumah berupaya membalas di kuarter keempat. Abraham Wenas dan Xavier Cannefax dari Bali United kembali agresif. Keduanya mengumpulkan 8 poin untuk memangkas jarak menjadi 77-74. Puncaknya, Cannefax membuat Bali United merebut kembali keunggulan mereka menjadi 78-79 lewat permainan tiga poin.

Sebuah turnover dari Kierell Green di sisa waktu dua menit harus dibayar mahal oleh Bali United. Karena setelahnya, Kentrell Barkley membuat Kesatria kembali unggul 86-85. Situasi semakin panas ketika Surliyadin mampu memanfaatkan sebuah fast-break atau serangan balik cepat untuk mencetak dua angka. Bali United berbalik memimpin dengan skor 86-88 di sisa satu menit.

Di sisa waktu 48 detik, sebuah serangan yang bagus membuat Kevin Moses bisa menemukan Kentrell Barkley yang terbuka. Dia membuat dua poin dengan layup untuk menyamakan kedudukan menjadi 88-88. Namun Bakley juga membuat turnovers yang memberikan possession untuk Bali United.



Namun sayangnya, Abraham Wenas kembali melakukan kesalahan karena bola dicuri oleh Nuke Tri Saputra dan dilanjutkan dengan layup untuk mengunci kemenangan dengan skor tipis 90-88.

Tembakan terakhir Nuke, bukan hanya menentukan kemenangan Kesatria, melainkan juga memastikan timnya terus menambah kemenangan beruntun menjadi 16 kali. Nuke malam ini menyelesaikan laga dengan catatan 15 poin, 3 assist, 2 rebound, dan 1 steal, yang menjadi satu-satunya steal penyelamat bagi Kesatria.

CJ Gettys tampil solid untuk Kesatria di tengah kesulitan Kentrell Barkley dengan torehan 16 poin, 9 rebound, dan 8 assist. Kevin Moses Eliazer Poetiray mencetak 15 poin. Lalu Kentrell Barkley menambahkan 12 poin, 12 rebound, dan 5 assist. Barkley

Dari tim Bali United, Xavier Cannefax mencetak 32 poin. Kierell Green menyelesaikan laga dengan double-double 16 rebound dan 14 assist. Sedangkan Abraham Wenas mencetak 19 poin, 4 assist, dan 2 steal.

Melalui hasil pertandingan hari ini, Kesatria Bengawan Solo membukukan rekor 16-1 yang membuat mereka berada di peringkat tiga klasemen sementara IBL 2024. Sedangkan Bali United harus merelakan empat kemenangan beruntun mereka terputus. Namun mereka tetap punya peluang untuk lolos ke babak playoff dengan rekor 11 menang dan 9 kalah.