Pelaksanaan Palangka Fair 2024 tingkatkan pelaku UMKM

id Palangka Fair,Palangka Raya,Kalteng,DPKUKMP Palangka Raya,Kadis DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal,UMKM

Pelaksanaan Palangka Fair 2024 tingkatkan pelaku UMKM

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah berupaya meningkatkan perekonomian daerah melalui berbagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui kegiatan Palangka Fair 2024.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota palangka Raya, Samsul Rizal di Palangka Raya, Selasa, mengatakan pelaksanaan Palangka Fair dilaksanakan di halaman GOR Indoor Serbaguna Jalan Tjilik Riwut Km 5,5.

"Kegiatan yang melibatkan pelaku UMKM, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palangka Raya dan perbankan. Pelaksanaan Palangka Fair mulai 9-13 Juli 2024," kata Samsul Rizal.

Dia menuturkan, Palangka Fair tersebut merupakan pameran yang didesain secara khusus dalam rangka mempromosikan dan menjual potensi investasi produk-produk unggulan yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

Kemudian, perusahaan-perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara atau Daerah (BUMN/BUMD) serta instansi terkait lainnya. Palangka Fair tentunya juga ajang untuk pelaku usaha di Palangka Raya untuk mengenalkan produk-produk yang menjadi andalannya.

"Dengan Palangka Fair menjadi ajang untuk mengenalkan produk kepada dunia usaha baik dalam negeri maupun luar negeri, produk-produk UMKM kita bisa naik kelas dan tidak kalah bersaing dengan produk luar," bebernya.

Orang nomor satu di lingkup DPKUKMP Kota Palangka Raya itu menambahkan, produk-produk yang nantinya ditampilkan oleh para pelaku UMKM baik itu dibidang makanan, kerajinan tangan serta lain sebagainya berbeda dengan Palangka Fair tahun sebelumnya.

Selain meningkatkan perekonomian daerah, Palangka Fair 2024 adalah dalam rangka menyemarakan suasana Peringatan Hari Jadi pemerintah Kota palangka Raya ke-59 dan Hari Jadi Kota Palangka Raya ke-67.

"Saya saya harapkan produk-produk yang dijual atau ditampilkan daya jual yang tinggi sehingga produk-produk olahan daerah tidak kalah dengan produk dari luar Kota Palangka Raya," demikian Samsul Rizal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, panitia Palangka Fair usai melakukan rapat bersama instansi terkait juga menyediakan puluhan stan baik itu untuk produk-produk kerajinan tangan dan stan untuk pelaku usaha dari swasta.