Penjabat Bupati Bartim minta kinerja kepala OPD lebih optimal

id Penjabat Bupati Bartim minta kinerja kepala OPD lebih optimal, kalteng, bartim, Barito timur

Penjabat Bupati Bartim minta kinerja kepala OPD lebih optimal

Penjabat Bupati Barito Timu Indra Gunawan (tengah) didampingi Sekda Panahan Moetar, menyerahkan fasilitas baru berupa mobil Innova Zenic kepada Inspektur Josmar Banjar Nahor di halaman Kantor Bupati Barito Timur di Tamiang Layang, Rabu (12/6/2024). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan menuntut kinerja kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lebih optimal agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Saya minta kepala OPD bisa kerja optimal, melaksanakan tugas dengan baik dan meningkatkan pelayanan publik,” kata Indra Gunawan usai menyerahkan mobil dinas baru kepada sejumlah kepala OPD di Tamiang Layang, Rabu.

Menurut Indra, fasilitas baru berupa mobil Toyota jenis Innova Zenic tipe V, diserahkan kepada seluruh kepala OPD yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Timur sebagai penyemangat kerja.

Selain itu ada beberapa faktor pertimbangan di antaranya geografis wilayah Barito Timur cukup luas. Dia mencontohkan, jangkauan antar desa dan kecamatan hampir dua jam, sehingga jika harus mengikuti rapat ke tingkat provinsi di Palangka Raya maka harus menempuh perjalanan hampir enam jam.

Dilihat dari kondisi kendaraan mobil dinas yang dipakai kepala OPD sudah cukup lama dengan usia rata-rata di atas 10 tahun.

“Maka biaya perawatannya akan dan tinggi. Untuk itu, kita berikan mobil dinas yang baru," kata Indra.

Baca juga: Warga Bartim diminta tingkatkan kesehatan mengantisipasi pancaroba

Indra pun menyebutkan, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya Kementerian Keuangan, bahwa masa berlaku mobil kendaraan dinas minimal lima tahun.

Indra pun mengingat dirinya pernah melihat sejumlah mobil kepala OPD di Palangkaraya diderek karena mogok karena ada masalah mesin.

Sekda Barito Timur, Panahan Moetar, menambahkan, selain menyerahterimakan mobil baru kepada kepala OPD, pihaknya juga menarik kembali mobil kepala OPD atau dinas lama beserta kelengkapannya.

Menurut Panahan, fasilitas baru yang diterima berupa mobil diharapkan bisa dipakai dan dengan pemeliharaan yang rutin dan baik. Karena merupakan barang milik pemerintah daerah maka wajib dipelihara.

“Sedangkan mobil yang lama yang masih baik akan diserahkan kepada pihak OPD yang memerlukan sehingga bisa menjadi penunjang kerja,” demikian Panahan Moetar.

Fasilitas baru aset daerah itu berupa mobil hasil pengadaan tahun anggaran 2024. Mobilnya yakni Toyota jenis Innova Zenic tipe V  dan Toyota Hilux.

Baca juga: Jamin kesehatan keluarga, pekerja di Bartim ini percayakan program JKN

Baca juga: Pemkab Bartim komitmen tingkatkan kualitas pelayanan publik

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Pemprov jangkau Bartim, bantu penuhi kebutuhan masyarakat