Pj Bupati Kobar: Satlinmas ikut berperan menjaga keamanan dan ketertiban umum

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat , Pj Bupati Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Budi Santosa, Kotawaringin Barat, Kalteng

Pj Bupati Kobar: Satlinmas ikut berperan menjaga keamanan dan ketertiban umum

Pj Bupati Kobar Budi Santosa saat menghadiri kegiatan rakor satlinmas se-kabupaten di Pangkalan Bun, Senin (29/7/2024) ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa mengingatkan kepada seluruh pihak yang menjadi bagian Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari tingkat Kelurahan hingga desa, turut berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum.

Untuk itu, seluruh anggota Satlinmas haru terus disiapkan dan dibekali pengetahuan maupun keterampilan dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum, kata Budi usai membuka rapat koordinasi Satlinmas Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Kobar di Pangkalan Bun, Senin.

"Apalagi di tahun 2024 kita akan melaksanakan kegiatan Pilkada serentak, membuat peran anggota satlinmas semakin penting untuk terlibat aktif mensukseskannya," tambah dia.

Menuru dia, adapun sukses yang di maksud yaitu sukses baik pelaksanaannya dan juga keamanannya. Maka linmas perlu dibekali pengetahuan, sikap serta etika dalam melakukan tupoksinya, sehingga menumbuhkembangkan integritas yang tinggi terhadap profesionalitas, berinovasi serta berwibawa di lingkungan sekitar.

Budi Santosa mengatakan rakor ini merupakan agenda penting yang memiliki tujuan untuk menyamakan persepsi melaksanakan tugas dan fungsi, untuk mengidentifikasi isu strategis yang mungkin muncul pada pelaksanaan tugas, terutama pada momen pilkada.

Baca juga: Pemkab Kobar bagikan 10 ribu bendera Merah Putih

Dirinya pun berpesan kepada linmas untuk melaksanakan sumpah janji melaksanakan tugasnya dengan bersungguh-sungguh, serta menjunjung tinggi norma hukum,agama, susila dan perilaku sosial yang hidup dan berkembang di masyarakat.

"Jadilah mata dan telinga pemerintah, TNI dan Polri pada masing-masing wilayah, baik pada persiapan pelaksanaan dan pasca pilkada, mempertajam intuisi dalam mendeteksi dini dan pencegahan dini dalam semua permasalahan masyarakat," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Pemkab Kobar berkomitmen dukung optimalisasi peran PKK

Baca juga: Disperindagkop UKM kunjungi pelaku IKM Pangkalan Banteng bantu lengkapi NIB

Baca juga: Tingkatkan pelayanan kesehatan, Pemkab Kobar serahkan tujuh unit ambulan