Garuda sambut baik pembentukan satgas penurunan harga tiket pesawat

id Garuda ,tiket pesawat,tiket garuda, satgas penurunan harga tiket pesawat

Garuda sambut baik pembentukan satgas penurunan harga tiket pesawat

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Irfan Setiaputra ditemui usai menghadiri peluncuran buku "Elepahant Learns Flamenco" di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) -
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Irfan Setiaputra menyambut baik pembentukan satuan tugas (satgas) yang akan membahas penurunan harga tiket pesawat.

"Kita sangat mendukung, kita malah sudah dipanggil. Artinya gini, kita melihat bahwa begitu bicara soal harga tiket, saya mau mengajak semua pihak mendiskusikan terkait dengan struktur biaya," ujar Irfan ditemui usai menghadiri peluncuran buku "Elepahant Learns Flamenco" di Jakarta, Rabu.

Irfan mengatakan, pembentukan satgas tersebut merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi seluruh kepentingan untuk bersama-sama melihat struktur biaya yang mempengaruhi harga tiket pesawat.

Lebih lanjut, Irfan menyebut bahwa pihaknya masih menunggu pembahasan lanjutan bersama satgas.

Baca juga: Menparekraf jalin koordinasi untuk turunkan harga tiket pesawat

Menurut Irfan, kehadiran satgas perlu mendapat apresiasi sehingga pemerintah dapat melihat struktur biaya dan masyarakat umum mengetahui beban apa yang ditanggungnya dalam sebuah tiket pesawat.

"Kita nunggu pembahasan lanjutan, biar pemerintah dan kemudian juga kita harapkan publik juga bisa lihat kenapa beban itu ditanggung publik ya, seharusnya enggak ditanggung gitu ya," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyiapkan langkah efisiensi penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat, salah satunya terkait evaluasi operasi biaya pesawat.

Baca juga: Berikut trik dapat tiket harga murah saat liburan mendadak

"Kami menyiapkan beberapa langkah untuk efisiensi penerbangan dan penurunan harga tiket, misalnya evaluasi operasi biaya pesawat," kata Luhut.

Luhut menjelaskan bahwa Cost Per Block Hour (CBH) yang merupakan komponen biaya operasi pesawat terbesar, perlu diidentifikasi rincian pembentukannya.

"Kami juga merumuskan strategi untuk mengurangi nilai CBH tersebut, berdasarkan jenis pesawat dan layanan penerbangan," kata dia.

Baca juga: Jokowi minta menteri segera kendalikan harga tiket pesawat