Enam OPD Pemkab Bartim raih nilai terbaik hasil evaluasi internal AKIP 2024

id Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, Barito Timur, Bartim, Kalteng

Enam OPD Pemkab Bartim raih nilai terbaik hasil evaluasi internal AKIP 2024

Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan memberikan piagam penghargaan kepada perwakilan Disbudparpora Bartim yang berhasil meraih nilai evaluasi  internal Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP)  tertinggi pertama dengan nilai 77,90 poin dengan predikat BB, di Tamiang Layang, Senin (19/8/2024). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan memberikan penghargaan kepada enam organisasi perangkat daerah setempat, setelah mendapatkan nilai tertinggi berdasarkan hasil  evaluasi internal terkait Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP).

Indra Gunawan disela menyerahkan piagam penghargaan dalam Sakip Award Tingkat OPD pada Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur 2024 di Tamiang Layang, Senin, mengatakan AKIP merupakan perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai sasaran.

"Termasuk tujuan yang telah ditetapkan melalui sistem pertanggungjawaban secara periodik," tambahnya.

Adapun enam OPD dimaksud yakni Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) sebagai peraih nilai tertinggi pertama. Diikuti Dinas Pendidikan (Disdik) sebagai peringkat kedua dan dan peringkat kertiga diraih Dinas Perindustrian, Perdagangan, UKM dan Koperasi. 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial sebagai peringkat keempat, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) peringkat kelima dan Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang Daerah sebagai keenam.

Baca juga: Pj Bupati ajak masyarakat Bartim lebih aktif memajukan tradisi Nariuk

Indra Gunawan pun meminta seluruh OPD secara bersama-sama untuk bekerja serius dalam pembuatan laporan hasil atas Sakip 2024 nanti. Saat ini, hasil evaluasi Sakip 2023 yakni 57,96 (CC) sedangkan pada 2022 kemarin yakni 51,47 poin (CC).

"Kami harapkan bagaimana laporan hasil evaluasi pada SAKIP 2024 ini nanti kita bisa naik menjadi 60 poin atau lebih atau meraih kategori baik. Karena itu saya minta semua OPD mulai sekarang untuk bisa bekerja sama dan memahami secara maksimal dalam penyusunan laporan hasil evaluasi akhir,” kata Indra.

Memahami Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dimaksud yakni mengintegrasikan dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Baca juga: Festival Nariuk 4 ajang promosi wisata dan budaya Bartim

Baca juga: Nursulistio dan Dendy Mahaputra pimpinan sementara DPRD Bartim