Legislator Palangka Raya berjuang tingkatkan pemberdayaan perempuan dan UMKM di Palangka Raya

id Anggota DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sri A Rintuh, DPRD Palangka Raya, DPRD, Palangka Raya, Kalteng

Legislator Palangka Raya berjuang tingkatkan pemberdayaan perempuan dan UMKM di Palangka Raya

Anggota DPRD Palangka Raya Sri A Rintuh. ANTARA/Dokumentasi pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sri A Rintuh menekankan bahwa usai dirinya terpilih sebagai anggota dewan maka ia berkomitmen untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dan UMKM di daerah ini.

"Dua hal ini merupakan aspek yang sangat penting dalam proses kemajuan suatu daerah, sebab ketika dua aspek itu sejahtera, maka bisa dikatakan bahwa kota tersebut telah maju," katanya di Palangka Raya, Senin.

Legislator Palangka Raya itu menegaskan bahwa kaum perempuan memiliki peran penting dalam membangun masyarakat yang sejahtera di Kota Palangka Raya. Bahkan, menurut dirinya Kaum perempuan dinilai memiliki keunggulan dalam lebih peka terhadap kondisi-kondisi sosial yang ada di daerah, sehingga diyakini mampu memberikan informasi yang valid untuk suatu program baru.

"Perempuan memiliki potensi besar yang perlu kita optimalkan untuk kemajuan Kota Palangka Raya. Melalui pemberdayaan perempuan, kita dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat secara keseluruhan," ucapnya.

Dirinya pun berencana untuk mendorong program-program yang mendukung peningkatan kapasitas dan akses perempuan terhadap pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Sebab dalam sektor tersebut, peran kaum perempuan sangat besar, salah satunya seperti di bidang pendidikan, kaum perempuan memiliki cara tersendiri untuk bisa memiliki kedekatan dengan siswa-siswanya.

"Kita perlu memberikan ruang bagi perempuan untuk mengembangkan diri dan berkontribusi dalam pembangunan Kota Palangka Raya," ujarnya.

Baca juga: Pembahasan tatib DPRD Kota Palangka Raya ditunda hingga awal September 2024

Selain pemberdayaan perempuan, Sri juga fokus pada pemberdayaan UMKM, yang dinilai sektor tersebut merupakan tulang punggung perekonomian di Kota Palangka Raya.

Hal ini karena UMKM memiliki peran vital dalam menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian daerah, sehingga perlu adanya dukungan dan fasilitasi, agar UMKM di Palangka Raya dapat berkembang dan maju.

"Dengan meningkatkan daya saing UMKM, kita dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Palangka Raya," demikian Sri A Rintuh.

Baca juga: DPKUKMP Palangka Raya gencar bantu tingkatkan kualitas produk UKM

Baca juga: Pelajar Palangka Raya raih juara dua O2SN 2024 di Jakarta

Baca juga: Anggota DPRD Palangka Raya periode 2024-2029 gerak cepat susun tatib