Ribuan warga Kapuas tumpah ruah hadiri Kalteng Bershalawat

id Ribuan wargaKapuas tumpah ruah hadiri Kalteng Bershalawat, kalteng, Kapuas, keagamaan, sugianto sabran

Ribuan warga Kapuas tumpah ruah hadiri Kalteng Bershalawat

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, didampingi Wagub Edy Pratowo dan Pj Bupati Kapuas, Darliansjah, menghadiri Kalteng Bershalawat, di lapangan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Kamis (12/9/2024) malam. ANTARA/All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ribuan umat Islam di Kabupaten Kapuas, tumpah ruah menghadiri acara Kalteng Bershalawat yang dilaksanakan di Stadion Panunjung Tarung di Jalan Maluku Kuala Kapuas, pada Kamis malam.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum penting bagi umat Islam. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua, untuk meneladani sifat Rasulullah SAW, dan menerapkan sikap perilaku dan akhlak beliau dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, dalam sambutannya.

Melalui acara Kalteng Bershalawat ini, orang nomor satu di Kalteng ini berharap, dapat mempererat tali silaturahim, memperkuat ukhuwah Islamiyah, serta menambah kecintaan kepada Baginda Rasulullah SAW.

“Melalui kegiatan ini juga, semoga kita semua semakin terpacu untuk mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, guna membangun Kalteng makin Berkah dan Indonesia maju, baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” harapnya.

Gubernur dua periode ini menambahkan, dirinya selaku kepala daerah berharap ke depannya pembangunan yang telah dilakukan di Kalteng dapat dilanjutkan, termasuk kegiatan Kalteng Bershalawat tersebut.

Kegiatan Kalteng Bershalawat ini, dihadiri Al Mukarram Habib Ali Zainal Abidin Assegaf sekaligus memimpin melantunkan shalawat teruntuk junjungan Nabi Muhammad SAW. Acara juga diisi memunajatkan doa agar Kalteng dan Negara Indonesia senantiasa dilimpahkan perlindungan dan keberkahan.

Kehadiran Al Mukarram Habib Ali Zainal Abidin Assegaf di Kalteng dalam acara ini merupakan keempat kalinya yakni pada rangkaian Kalteng Bershalawat di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Baca juga: Gebyar UMKM Wilayah Tengah di Kapuas resmi dimulai

Hadir juga Al Mukarram Habib Ahmad Al Habsyi yang memberikan tausiyah dan pencerahan. Dalam tausiyahnya, Habib Ahmad Al Habsyi mengingatkan mencintai Nabi SAW pada prinsipnya harus ditujukan hanya semata-mata untuk meraih keridhaan Allah SWT.

“Karena boleh jadi, selama ini kita masih kurang dalam mencintai Nabi Muhammad SAW dan belum sepenuhnya dapat melaksanakan apa-apa yang diperintahkannya,” katanya.

Padahal, sambungnya, dengan mencintai Nabi Muhammad SAW, merupakan satu jalan bagi umat Islam untuk dapat meraih ridha Allah SWT yang kemudian berujung dengan diampuninya segala dosa dan kesalahan.

Bagi orang yang ingin imannya sempurna, ia harus meningkatkan rasa kecintaannya kepada Nabi Muhammad SAW melebihi dari cintanya kepada apapun di muka bumi ini.

"Untuk mendapatkan cinta yang sempurna kepada Nabi Muhammad SAW butuh perjuangan. Kalau kita cinta Nabi Muhammad SAW apa manfaatnya? Seseorang kelak akan dikumpulkan dengan orang yang ia cintai, kalau yang kita cintai Nabi Muhammad SAW maka ada kesempatan kita akan kumpul dengan beliau di surganya Allah SWT,” demikian Al Mukarram Habib Ahmad Al Habsyi.

Kalteng Bershalawat juga dihadiri Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Forkopimda Kalteng, Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas, bupati, penjabat bupati, penjabat wali kota se-Kalteng, kepala perangkat daerah dan instansi vertikal, ulama, tokoh masyarakat, pimpinan ormas Islam, pimpinan perguruan tinggi, perbankan, BUMN/BUMD serta masyarakat Kapuas.

Baca juga: Seorang residivis curanmor di Kapuas kembali dibekuk polisi

Baca juga: DPMD Kapuas dukung program Desa Cinta Statistik

Baca juga: Pemkab serahkan bantuan dua ambulans untuk Pemdes Bentuk Jaya