Delapan fraksi DPRD Palangka Raya sepakat bahas perubahan APBD 2024

id Delapan fraksi DPRD Palangka Raya sepakat bahas perubahan APBD 2024, kalteng, Palangka raya, dprd Palangka raya

Delapan fraksi DPRD Palangka Raya sepakat bahas perubahan APBD 2024

Juru bicara fraksi Demokrat DPRD Kota Palangka Raya, Debora Holdae Veronika, pada saat menyampaikan pemandangan umum fraksi pendukung DPRD, dalam rapat paripurna ke-3 masa persidangan I tahun sidang 2024/2025, di ruang rapat paripurna DPRD Kota Palangka Raya, Senin (23/9/2024). ANTARA/Rajib Rizali

Palangka Raya (ANTARA) - Jajaran fraksi di DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menyatakan setuju untuk membahas lebih lanjut nota keuangan rancangan perubahan APBD tahun 2024.

"Kami apresiasi masukan dan kritik yang disampaikan oleh seluruh fraksi. Hal ini menunjukkan komitmen untuk bersama-sama mengawal penggunaan APBD agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Ketua sementara DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasery, Senin.

Hal tersebut disampaikan setelah seluruh fraksi menyampaikan pandangannya terkait nota keuangan yang diserahkan oleh Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, beberapa waktu lalu

Dirinya menjelaskan, bahwa berbagai kritik dan masukan yang telah disampaikan oleh fraksi-fraksi pendukung tersebut merupakan tugas anggota legislatif dalam fungsi kontrol.

Namun dengan belum terbentuknya alat kelengkapan dewan, maka pembahasan rancangan perubahan APBD Tahun 2024 akan dilakukan secara bersama-sama dengan jajaran anggota DPRD Kota Palangka Raya.

"Berdasarkan surat edaran Mendagri, pimpinan sementara diperbolehkan untuk menetapkan APBD Perubahan. Terlebih saat ini kita tengah berpacu dengan waktu batas maksimal pengajuan APBD Perubahan, yakni akhir September 2024," ucapnya.

Baca juga: KPU tetapkan Pilkada Palangka Raya diikuti dua pasangan calon

Khemal mengatakan, bahwa sebelum melakukan penetapan untuk membahas rancangan perubahan APBD Tahun 2024, pihaknya juga telah melakukan konsultasi ke Mendagri dan Badan Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

Hal tersebut dilakukan, agar pembahasan rancangan perubahan APBD Tahun 2024 dapat berjalan sesuai dengan mekanisme serta aturan yang telah ditetapkan.

"Sementara waktu kami melakukan pembahasan secara bersama-sama, karena AKD belum dibentuk, karena AKD ditetapkan dan disahkan oleh pimpinan definitif," ujarnya.

Legislator partai Golkar ini meyakini, pihaknya bersama jajaran anggota DPRD Kota Palangka Raya dapat mengawal pembahasan rancangan perubahan APBD Tahun 2024 dengan maksimal.

Terlebih dalam rancangan perubahan APBD Tahun 2024 tidak ada hal-hal yang luar biasa sehingga dirinya meyakini bahwa pembahasan dapat dilakukan dengan cepat sehingga dapat disahkan menjadi peraturan daerah.

"Karena perubahan anggaran tidak ada hal yang luar biasa. Tetapi pergeseran dan penyesuaian terhadap target yang mungkin tidak tercapai. Kebijakan ini kan untuk mendukung pemerintah memacu di sisa waktu ini agar bisa memaksimalkan program yang belum tercapai," demikian Khemal.

Baca juga: KPU Kalteng tetapkan empat paslon jadi peserta Pilkada 2024

Baca juga: Disdik Palangka Raya gencarkan gerakan sekolah sehat di satuan pendidikan

Baca juga: Pemerintah diminta tangkal hoaks selama Pilkada 2024