Pj Bupati Gumas: Hari Kesaktian Pancasila momentum perkuat sikap saling menghormati

id pemkab gunung mas, hari kesaktian pancasila, pj bupati gumas herson b aden, sikap saling menghormati, kuala kurun

Pj Bupati Gumas: Hari Kesaktian Pancasila momentum perkuat sikap saling menghormati

Pj Bupati Gumas Herson B Aden. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden berharap Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum bagi masyarakat di daerah setempat untuk memperkuat sikap saling menghormati.
 
“Terlebih saat ini kita sedang menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Sikap saling menghormati harus kita perkuat,” ucapnya usai memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kuala Kurun, Selasa.
 
Dia mengingatkan, di tengah hiruk pikuk pelaksanaan Pilkada 2024, masyarakat Gumas hendaknya benar-benar menghayati dan mengamalkan seluruh sila dari Pancasila, khususnya sila ketiga yakni Persatuan Indonesia.
 
Jangan sampai perbedaan pilihan dan dukungan dalam pilkada, baik itu pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan bupati dan wakil bupati, membuat masyarakat Gumas terpecah belah.

Baca juga: Legislator Gumar minta desa semakin banyak jadi percontohan anti korupsi
 
Masyarakat Gumas hendaknya bisa menyikapi perbedaan pilihan dan dukungan dengan arif dan bijaksana, karena perbedaan pilihan dan dukungan dalam suatu demokrasi merupakan hal yang lumrah terjadi.
 
“Mari kita perkuat sikap saling menghormati antara yang satu dengan yang lain, serta menjaga persatuan dan kesatuan di tengah pelaksanaan berbagai tahapan pilkada. Semoga Gumas selalu kondusif,” kata Herson.
 
Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengingatkan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober bahwa nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tetapi amanah yang harus terus dijaga.
 
Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi melalui sebuah ilustrasi yang diunggah melalui akun resmi Instagram @jokowi pada Selasa.
 
"Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita bahwa nilai-nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tapi amanah yang harus terus dijaga," demikian tertulis dalam keterangan ilustrasi tersebut.
 
Presiden pun mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk merenungkan sejauh mana telah mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Di tengah tantangan zaman, mari kita renungkan sejauh mana kita telah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tulis Presiden Jokowi.

Baca juga: Legislator Gumas minta pemilih pemula ikut berperan tentukan pemimpin daerah

Baca juga: KPU Gumas terima ratusan set bilik suara untuk Pilkada 2024

Baca juga: KPU Gumas gencar sosialisasikan Pilkada 2024 ke pemilih pemula