DPRD apresiasi upaya pemerintah tingkatkan kepatuhan wajib pajak

id dprd palangka raya, bennie brian tonni embang, mal pelayanan publik, mpp palangkaraya, pajak

DPRD apresiasi upaya pemerintah tingkatkan kepatuhan wajib pajak

Anggota DPRD Palangka Raya Bennie Brian Tonni Embang (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Bennie Brian Tonni Embang mengapresiasi upaya pemerintah kota dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak.
 
"Kita bisa lihat saat ini pemerintah kota meluncurkan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak," katanya di Palangka Raya, Jumat.
 
Terlebih, mal ini hadir sebagai inovasi dalam pelayanan publik yang berbasis elektronik, mengacu pada standar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
 
Dengan sistem SPBE tersebut, tentunya dapat membuat pelayanan publik kepada masyarakat menjadi lebih efisien, transparan dan mudah.
 
"Ini merupakan suatu terobosan bagi pelayanan khususnya di Palangka Raya di bidang pelayanan, dan kami anggota DPRD akan mengawasi secara optimal apakah berjalan secara maksimal atau tidak, saya kira ini suatu terobosan yang sangat bagus," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta matangkan persiapan tuan rumah HSP
 
Bennie menilai, selama ini masyarakat kerap enggan membayar pajak akibat sistem yang kurang mudah dan lokasi pembayaran pajak yang berbeda-beda.
 
Namun dengan hadirnya mal pelayanan publik ini, masyarakat hanya cukup mengunjungi satu lokasi saja kemudian masyarakat bisa membayar seluruh pajaknya, mulai dari PBB hingga pajak kendaraan bermotor.
 
"Dengan terobosan seperti ini tentu saya yakin pendapatan dari sektor pajak akan meningkat dan pembangunan di Kota Palangka Raya dapat lebih dimaksimalkan," ujarnya.
 
Namun, meskipun MPP telah diresmikan, Bennie menilai masih terdapat fasilitas jalan yang belum memadai di Palangka Raya.
 
Untuk itu dirinya berharap dengan adanya terobosan yang dilakukan oleh pemerintah kota ini, pendapatan dari sektor pajak bisa mendorong pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan di daerah ini.
 
"Kami bersama Pemerintah Kota Palangka Raya akan berusaha memaksimalkan alokasi anggaran yang ada untuk memprioritaskan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Salah satu fokus utamanya adalah meningkatkan kualitas infrastruktur jalan, sehingga pelayanan publik bisa diakses lebih mudah oleh warga," demikian Bennie.