Kepala dinas ditangkap KPK, akses media di PUPR Kalsel dibatasi

id KPK,Kepala dinas ditangkap KPK,Kalsel,Kalteng,akses media di PUPR Kalsel dibatasi

Kepala dinas ditangkap KPK, akses media di PUPR Kalsel dibatasi

KPK RI Konferensi pers terkait hasil operasi tangkap tangan KPK di wilayah Kalsel. (ANTARA/HO-Akun KPK Ri)

Banjarbaru (ANTARA) - Akses media massa di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan dibatasi setelah kepala dinas dan beberapa pejabat strategis ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi dalam operasi tangkap tangan pada Minggu (6/10) malam.

Berdasarkan pantauan di Kantor Dinas PUPR Kalsel, Banjarbaru, Selasa, pewarta ANTARA mencoba memasuki gedung Dinas PUPR untuk memantau situasi ruangan kepala dinas, kepala bidang cipta Karya, dan dua orang ASN lain yang sebelumnya sudah ditangkap penyidik KPK dan dibawa ke Gedung Merah Putih KPK di Jakarta, Senin (7/10).

Sejumlah awak media lain mencoba memantau ruangan pejabat Dinas PUPR Kalsel yang diduga telah disegel KPK karena yang bersangkutan terlibat OTT dengan barang bukti uang tunai sekitar Rp10 miliar.

Baca juga: 4 pejabat PUPR ditangkap, KPK geledah ruang kerja Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

Salah satu staf di Dinas PUPR Kalsel yang enggan disebutkan identitasnya meminta awak media agar tidak masuk karena tidak ada izin atau akses dari pejabat Dinas PUPR Kalsel.

"Mohon maaf, boleh masuk, namun harus mendapatkan izin dari pejabat Dinas PUPR, kami hanya menjalankan tugas. Silakan menghubungi pejabat terkait," ujar salah satu staf Dinas PUPR Kalsel.

Awak media juga mencoba menghubungi beberapa pejabat di Dinas PUPR Kalsel, namun tidak bisa terhubung sehingga tidak bisa mengonfirmasi. Awak media hanya diperbolehkan memantau dari luar gedung Dinas PUPR Kalsel.

Baca juga: KPK panggil mantan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak terkait korupsi

Sementara situasi dan aktivitas di kantor dinas tersebut berjalan normal, meski terlihat sepi. Beberapa kali terlihat satu hingga dua pegawai melintas ke luar masuk gedung Dinas PUPR Kalsel.

Sebelumnya, Tim Penyidik KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada Minggu (6/10) malam terhadap penyelenggara negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Penyidik KPK menangkap empat orang pejabat negara dalam OTT terkait dugaan tindak pidana korupsi pengadaan barang dan jasa. Dalam operasi itu, penyidik KPK menyita uang sekitar Rp10 miliar.

Baca juga: Empat tersangka suap Kalsel dibawa ke Gedung Merah Putih KPK

"Penyelenggara negara ada empat orang, pihak swasta ada dua orang," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto dalam keterangannya di Jakarta, Senin (7/8).

Hingga saat ini, Penyidik KPK masih melakukan pemeriksaan terhadap para pihak yang terjaring operasi tangkap tangan tersebut.

Baca juga: KPK bawa Kabid Cipta Karya PUPR Kalsel ke Jakarta

Baca juga: Enam orang ditangkap KPK dalam OTT di Kalsel

Baca juga: KPK sita uang Rp10 miliar dalam OTT di Kalsel