KPU Gumas sebut debat paslon bagian dari edukasi politik

id KPU Gumas sebut debat paslon bagian dari edukasi politik, kalteng, gumas, Gunung Mas, pilkada gumas, politik

KPU Gumas sebut debat paslon bagian dari edukasi politik

Ketua KPU Kabupaten Gumas Elfrinst G Tumon menyampaikan sambutan saat pembukaan debat publik pertama paslon bupati dan wakil bupati, di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Sabtu malam (26/10/2024). ANTARA/Tangkapan layar Youtube @KPU Gunung Mas

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Elfrinst G Tumon menyebut debat publik pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 merupakan rangkaian acara kampanye.

“Debat harus dilakukan sebagai bagian dari edukasi politik yang baik dan benar kepada masyarakat,” ucapnya saat membuka debat publik pertama paslon Bupati dan Wakil Bupati Gumas pada Pilkada 2024 di Kuala Kurun, Sabtu malam.

Dalam debat publik pertama, dua paslon mendapat kesempatan menyampaikan visi, misi, dan program, serta adu gagasan dan konsep di hadapan publik. Debat memberi ruang bagi masyarakat untuk mengetahui lebih dalam visi dan misi paslon.

Dengan memadainya pengetahuan masyarakat tentang berdemokrasi, seyogyanya dalam pesta demokrasi saat ini masyarakat diharap memilih dengan penuh kesadaran dan sukarela datang ke tempat pemungutan suara (TPS), menggunakan hak pilih tanpa ada intimidasi, iming-iming imbalan materi dan hal negatif lainnya.

Pemilih diharap datang ke TPS dan menggunakan hak pilih karena kesadaran akan hak dan kedaulatannya dalam menentukan sendiri pemimpinnya untuk lima tahun mendatang, sebagaimana diatur dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Jaya-Efrensia siap wujudkan Lanjut Maju Bersama

Lebih lanjut, pada kesempatan ini dirinya mengundang dan mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam pilkada, dan menggunakan hak pilih dengan tata cara yang benar pada Rabu, 27 November 2024, mulai pukul 07.00-13.00 WIB.

Untuk diketahui, Pilkada Gumas 2024 diikuti dua paslon bupati dan wakil bupati, yakni nomor urut 1 Jaya S Monong-Efrensia LP Umbing, dan nomor urut 2 Kusnadi B Halijam-Daldin.

KPU Gumas melaksanakan dua kali debat publik paslon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024. Debat dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum Damang Batu Kuala Kurun, Sabtu 26 Oktober 2024 dan Kamis 7 November 2024, mulai 19.30 WIB.

Tema debat pertama adalah terkait pembangunan ekonomi, infrastruktur dan lingkungan hidup, sedangkan tema debat kedua adalah terkait layanan publik dan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Debat juga akan disiarkan secara langsung di TVRI dan melalui kanal Youtube KPU Gumas, mulai 19.30 WIB.

Baca juga: Legislator berharap mahasiswa implementasikan ilmu saat KKN di Gumas

Baca juga: Ikuti HSP Kalteng, pemuda Gumas diharap semakin memahami pentingnya persatuan

Baca juga: BKB diminta optimalkan alat permainan edukatif