Pemuda Gumas harus disiapkan guna mewujudkan Indonesia Emas 2045

id Sekretaris Daerah Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Richard, Gunung Mas, Gumas, Kalteng

Pemuda Gumas harus disiapkan guna mewujudkan Indonesia Emas 2045

Sekda Kabupaten Gumas Richard (tengah) dan forkopimda saat upacara Hari Sumpah Pemuda di Kuala Kurun, Senin (28/10/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Richard menyatakan bahwa pemuda dan pemudi di wilayah ini, harus terus disiapkan dengan baik guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Pemuda harus diberi ruang seluas-luasnya, supaya mereka bisa mengisi pembangunan yang ada di Indonesia di berbagai bidang," ucapnya usai upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) di Kuala Kurun, Senin.

Pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah daerah harus terus memberi kesempatan, motivasi dan fasilitasi kepada pemuda, supaya mereka bisa berperan dan ambil bagian dalam pelaksanaan pembangunan.

Selain itu, tutur dia, pemerintah juga menekankan pentingnya peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), guna menghasilkan pemuda yang memiliki daya saing tinggi menuju Indonesia Emas 2045. Untuk itu, dirinya berharap pemuda dan pemudi kabupaten bermoto ‘Habangakalan Penyang Karuhei Tatau’ bisa menjadi penggerak, motivator dan garda terdepan dalam pembangunan di segala bidang.

"HSP menjadi momentum bagi kita semua untuk menyiapkan pemuda dan pemudi Gumas, sebagai generasi muda yang akan datang, untuk menuju dan mewujudkan Indonesia Emas 2045," kata Richard.

Upacara HSP juga dihadiri Ketua sementara DPRD Gumas Herbert Y Asin, Wakil Ketua sementara Nomi Aprilia, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah pejabat dan pegawai, serta para pelajar.

Baca juga: BKB diminta optimalkan alat permainan edukatif

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengajak kaum generasi muda di seluruh Indonesia agar memperkuat kolaborasi untuk meningkatkan prestasi di berbagai bidang pembangunan di Tanah Air.

"Dengan (jumlah) 46 juta pemuda Indonesia, semangat ini diharapkan menjadi kekuatan pendorong untuk mengantarkan bangsa ke puncak prestasi dan berjaya di tingkat global," ujar Dito Ariotedjo dalam upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 di Kantor Kemenpora di Jakarta, Senin.

Menteri berusia 34 tahun itu mengajak seluruh generasi muda Indonesia agar bergerak bersama untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Raya. Hal itu sejalan dengan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 kali ini yaitu "Maju Bersama Indonesia Raya".

Baca juga: Gumas kirim puluhan pemuda ikuti HSP dan Ikbab Kalteng

Baca juga: Kelompok BKB di Gumas dapat bantuan alat permainan edukatif dari BKKBN

Baca juga: DPRD Gumas sambut baik bantuan stimulan bagi lansia dan disabilitas