Anggota Satpol PP Barito Utara Dilatih Damkar

id barito utara, satpol PP barut dilatih damkar, satpol pp barut

Anggota Satpol PP Barito Utara Dilatih Damkar

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupate Barito Utara iberikan pelatihan cara menggunakan alat pemadam kebakaran di Muara Teweh. (Foto Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah diberikan pengetahuan tentang peralatan-peralatan pemadam kebakaran.

"Pelatihan ini sehubungan dengan bergabungnya Satpol PP dengan pemadam kebakaran (Damkar) sehingga merekan juga di kenalkan dengan alat Damkar," kata Sekretaris Satpol PP dan Damkar Kabupaten Barito Utara, Aprin S Dahan di MUara Teweh, Minggu.

Menurut Aprin, pengenalan ini dilakukan agar personel Satpol PP mengetahui tentang peralatan-peralatan unit pemadam kebakaran yang ada.

Di samping itu juga, agar mereka mengetahui cara penggunaan alat-alat pemadam yang ada.

"Pelatih dari para anggota satpol PP ini adalah petugas pemadam kebakaran yang sudah ada, tahap awal ini yakni pengenalan alat damkar dan mereka diajarkan tentang bagaimana cara melipat dan menarik selang, serta bagaimana dalam menyikapi apabila adanya musibah kebakaran," kata Aprin.

Dia mengatakan, kedepannya apabila ada musibah kebakaran di daerah ini, maka disamping petugas kebakaran, anggota Satpol PP juga akan turun ke lokasi.

Di lokasi, nantinya anggota akan mengamankan jalannya arus lalulintas sehingga alat damkar yang ada dapat lebih mudah menuju lokasi.

"Selama ini kalau terjadi kebakaran arus lalulintas mejadi macet, hingga mobil damkar sulit masuk ke lokasi kebakaran. Jadi peran Satpol PP nantinya membantu mengamankan akses jalan agar armada damkar bisa mencapai lokasi dan membantu petugas damkar dalam memadamkan kebakaran," ujarnya.