Kepala DPAD : Membaca Merupakan Pintu Kesuksesan dan Keberhasilan

id Membaca Merupakan Pintu Kesuksesan dan Keberhasilan, Kepala DPAD Kabupaten Lamandau Edison Dewel

Kepala DPAD : Membaca Merupakan Pintu Kesuksesan dan Keberhasilan

Sejumlah murid sekolah dasar - (Foto Antara Kalteng/Musa Reban)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Menumbuhkan minat baca perlu dilakukan sejak usia dini. Membaca merupakan pintu kesuksesan dan keberhasilan menghadapi tantangan zaman, dengan membaca pengetahuan akan bertambah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Lamandau, Drs Edison Dewel, mengatakan membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Dan membaca harus terus dijaga dan ditingkatkan esensinya.

"Menjaga minat baca harus terus dilakukan melalui pembinaan dan pengembangan kegemaran membaca. Usia sekolah dasar merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan minat baca. Untuk itu diperlukan upaya tertentu agar gemar membaca tinggi," jelas Edison, Rabu.

Pihaknya menambahkan, bahwa Dinas sudah menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI se-kabupaten Lamandau. Materi lomba di dapat dari cerita budaya lokal yang sudah diketahui secara luas. Kegiatan dilakukan dalam rangka peningkatan pembudidayaan kegemaran membaca dikalangan siswa sekolah dasar.

Tujuan kegiatan, paparnya, untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatan dan kesatuan. Dengan lomba cerita diharapkan dapat menumbuh kembangkan kecintaan anak akan budaya nusantara.

Dituturkannya, walau masih tingkat SD/MI para peserta dapat menyampaikan dengan baik cerita dihadapan dewan juri dan penonton yang hadir. Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang dinilai panitia berkompeten untuk memberikan nilai.

Kegiatan tersebut, katanya, diikuti oleh 43 peserta dari berbagai sekolah se-Kabupaten Lamandau.

"Juara pertama lomba cerita akan diikutkan mewakili Kabupaten Lamandau ditingkat provinsi Kalteng dalam lomba yang sama," demikian Edison.