KPA Gencar Sosialisasi HIV/AIDS Kepada Generasi Muda

id Sekretaris KPA Kalteng, Wiliam Katopo, HIV, AIDS

KPA Gencar Sosialisasi HIV/AIDS Kepada Generasi Muda

ist (istimewa)

Target utama yakni bagi generasi muda yang berumur 15-24 tahun...
Palangka Raya, 18/2 (Antara) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kalimantan Tengah gencar melakukan sosialisasi mengenai informasi dan pencegahan human immunodeficiency virus/acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS) kepada generasi se-kabupaten/kota di wilayah setempat.

"Target utama yakni bagi generasi muda yang berumur 15-24 tahun karena ini yang dikejar dalam tujuan pembangunan milenium atau Millennium Development Goals (MDGs), yang harus diselesaikan 95 persen," kata Sekretaris KPA Kalteng, Wiliam Katopo di Palangka Raya, Senin.

Menurutnya, salah satu cara yang paling strategis untuk mencapai target MDG`s pada 2015 yakni dengan memberikan pelatihan kepada satu orang guru dari satu sekolah di seluruh kabupaten/kota.

"Sekarang sudah sebanyak 200 sekolah tingkat SMA dari 230 sekolah di Kalteng yang dilatih, sehingga diharapkan guru dapat menyampaikan kepada seluruh murid di sekolah,"ucapnya.

Pada 2012, pelatihan sudah dilakukan di Kabupaten Sukamara, Kotawaringin Barat, Lamandau, sebagian Kotawaringin Timur dan Kota Palangka Raya dan 2013 akan dilaksanakan di Kabupaten Gunung Mas, Kapuas, Pulang Pisau dan Katingan.

Ia berharap, para guru yang sudah mendapat pelatihan mengenai penanggulangan HIV/AIDS dapat memberikan penyuluhan kepada siswa di lingkungan sekolah masing-masing.

Diakuinya, kendati target penyuluhan diutamakan bagi remaja berusia 15-24 tahun, namun tidak mengabaikan sosialisasi dilakukan terhadap masyarakat umum lainnya.

Apalagi, tegasnya, upaya penyuluhan tidak hanya ditangani KPA karena saat sebanyak 18 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan sebagian instansi vertikal melakukan kegiatan pelatihan.

"Kita melihat ini betul-betul pencegahan penanggulangan HIV /AIDS tidak hanya dilakukan oleh satu sektor tetapi semua sektor karena ingin ikut menyelamatkan bangsa,"tuturnya.



(T.KR-TVA/B/N005/N005)