30 Guru Di Barut Mendapat Pelatihan Multimedia

id 30 Guru Di Barut Mendapat Pelatihan Multimedia

30 Guru Di Barut Mendapat Pelatihan Multimedia

Ilustrasi, (Istimewa)

Nanti sudah tidak ada lagi menggunakan papan tulis, tetapi semua akan mengacu pada pembelajaran dengan system multimedia yang guru-gurunya cukup membawa laptop yang sudah berisi mata pelajaran bidang studi,"
Muara Teweh, 13/9 (Antara) - Sebanyak 30 orang guru dari sekolah SMP, SMA,MA dan SMK di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mendapat pelatihan berbasis laboratorium multimedia sekolah tahun 2013.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bariro Utara di Muara Teweh, Jumat.

Sekretarsi Dinas Pendidikan Barito Utara, Ferriansyah mengatakan pemanfaatan teknologi multimedia untuk berbagai keperluan baik publikasi maupun presentasi kini telah lazim digunakan oleh berbagai instansi baik swasta maupun pemerintah.

Untuk itu, kepada para guru yang mengikuti pelatihan itu untuk terus bersama-sama memajukan sistem pendidikan terutama dalam mengembangkan system pendidikan yang berbasis multimedia.

"Seluruh sekolah nantinya akan distandarisasi dengan menggunakan peralatan komputerisasi atau multimedia. Dengan perangkatnya laptop dan LCD. Sehingga kedepan guru-guru tersebut diharapkan mampu melakukan kegiatan belajar mengajar dengan sistim multimedia" kata Ferry.

Dia mengatakan dengan adanya standarisasi peralatan multimedia sekolah, sehingga diharapkan juga para siswa dapat meningkatkan wawasan dalam pembelajaran disekolahnya.

Nantinya para siswa sekolah maupun guru-guru untuk mendapatkan informasi pembelajaran dapat mencarinya melalui internet, sebab perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini berjalan pesat dan guru-guru dituntut untuk itu.

Dengan terapan multimedia ini juga nantinya sekolah-sekolah dapat mengembangkan sistim informasi sekolah seperti menampilkan profile tentang sekolah, guru dan siswa-siswanya. Dengan penerapan system multimedia di kelas, guru-guru dapat terus berupaya, berinovasi dan berdedikasi dalam mengembangkan pendidikan di Kabupaten Barito Utara.

"Nanti sudah tidak ada lagi menggunakan papan tulis, tetapi semua akan mengacu pada pembelajaran dengan system multimedia yang guru-gurunya cukup membawa laptop yang sudah berisi mata pelajaran bidang studi," jelasnya.

Dalam pelatihan ini langsung membawa narasumber selaku Fasilitator TIK Balaitekom Disdikpora Balaiteng,Lilik Widianto yang juga seorang guru SMA-1 Palangka raya.

"Pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari ini dengan peserta merupakan perwakilan dari guru-guru bidang studi yang diberikan pelatihan untuk dapat mengoptimalkan penggunaan multimedia serta membuat program lunak (software) secara sederhana terkait dengan bidang studi yang mereka ajarkan didepan kelas," katanya.



(T.K009/C/M019/M019)