UM Palangkaraya Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

id UMP, UM Palangkaraya, universitas muhammadiyah palangkaraya

UM Palangkaraya Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa UM Palangkaraya tahun 2015 pada Selasa (03/11) di Aula Utama UM Palangkaraya. (Foto UM Palangkaraya)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya kembali menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa UM Palangkaraya tahun 2015 pada Selasa (03/11) di Aula Utama UM Palangkaraya.

Acara yang secara rutin diadakan setiap tahun dan menjadi program wajib Bagian Kemahasiswaan dalam mendorong kualitas mahasiswa dalam menulis karya ilmiah khususnya bagi mahasiswa UM Palangkaraya.

Dr Asep Solikin MA, selaku ketua panitia kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Tahun 2015 menyampaikan bahwa Acara ini merupakan hasil kerjasama Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni dengan LP2M UM Palangkaraya.

"Kegiatan ini kita laksanakan dan kita sukseskan bersama karena keinginan kita untuk membentuk mental mahasiswa yg siap menulis," ujar Asep.

Menurutnya, mental sikap menulis merupakan keinginan yang tumbuh dari dalam diri bahwa menulis itu mudah. "Karena jika kita menganggap menulis itu sulit, maka hasilnya akan terasa berat untuk menulis," katanya.

Menjadi seorang mahasiswa sudah tentu harus menulis karya ilmiah, baik dalam membuat tugas kuliah,  tugas akhir maupun skripsi. Tetapi dalam pelaksanaannya kadang kala terhambat baik dari segi mencari ide tulisan maupun rasa malas yang timbul saat sedang menyelesaikan tulisan tersebut, sehingga tulisan tersebut tidak selesai atau terlambat.

Senada dengan Asep, Dr Sonedi MPd selaku Wakil Rektor III UM Palangkaraya Bidang Kemahasiswaan menyampaikan hal yang sama saat memberikan sambutannya, sekaligus membuka acara pelatihan tersebut.

"Menulis itu mudah, jika ada kemauan, kalau tidak ada kemauan maka segala ide yang sudah kita dapatkan tidak akan satupun tertuang dalam sebuah tulisan," ujar Sonedi.

Dalam kegiatan ini tidak hanya sekedar pelatihan, tetapi juga nantinya akan diselenggarakan kegiatan Lomba Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa UM Palangkaraya. Sehingga ilmu yang didapat oleh para peserta dapat langsung diterapkan melalui lomba penulisan karya ilmiah tersebut.