Wow! Permintaan Gubernur Kalteng Langsung Dibuktikan GAPKI Terkait PAD dan Plat KH

id Kalimantan Tengah, GAPKI Kalteng, Dwi Darmawan, Sawit, lahan sawit, plat KH, Plat non KH

Wow! Permintaan Gubernur Kalteng Langsung Dibuktikan GAPKI Terkait PAD dan Plat KH

Ilustrasi (FOTO ANTARA Kalteng/Kasriadi)

Bukti dukungan tersebut terlihat dari sebagian pengusaha sawit di provinsi ini telah menabung dan mendepositokan dananya di Bank Kalteng
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) cabang Kalimantan Tengah mendukung dan akan merealisasikan sejumlah permintaan Gubernur Sugianto Sabran terkait upaya peningkatan pendapatan asli daerah di masa mendatang.

Bukti dukungan tersebut terlihat dari sebagian pengusaha sawit di provinsi ini telah menabung dan mendepositokan dananya di Bank Kalteng, kata Ketua GAPKI Kalteng Dwi Darmawan di sela-sela rapat koordinasi dengan Gubernur di Palangka Raya, Senin.

"Kendaraan operasional perusahaan sawit belum menggunakan plat KH, sekarang ini sedang diupayakan dipindah. Intinya, kita dari GAPKI tidak merasa keberatan bahkan mendukung serta berupaya merealisasikan permintaan itu," tambahnya.

Dikatakan, banyaknya kendaraan operasional perusahaan sawit, khususnya pengangkut CPO berplat non KH karena melihat kemampuan pengusaha daerah dan terbuka untuk semua pihak mengadakan kerjasama dengan perusahaan.

Dwi mengatakan, selain berupaya memenuhi permintaan Gubernur Kalteng, perusahaan yang tergabung di GAPKI juga telah berkomitmen mengantisipasi agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi.

"Kita dari pengusaha perkebunan telah menyiapkan sekitar 60 sumur bor, berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten maupun desa sekitar. Kita dari perusahaan bersama masyarakat sekitar juga akan rutin melaksanakan patroli," katanya.

Dia menyebut jumlah anggota GAPKI untuk wilayah Palangka Raya sekitar 130 perusahaan yang tersebar di seluruh Kabupaten se-Kalteng. Sementara untuk luas lahan keseluruhannya mencapai 1 juta hektarr.

"Pemilik Hak Guna Usaha (HGU) yang ada di Kalteng ini tidak semuanya anggota GAPKI. Kami yang tergabung di GAPKI ini telah berkomitmen akan berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan di Kalteng maupun Indonesia," kata Dwi.

Sebelumnya, Gubernur Sugianto Sabran meminta seluruh perusahaan besar swasta (PBS) perkebunan, pertambangan, kehutanan dan jasa kontruksi menabung di Bank Kalteng, kendaraan operasional berplat KH, dan memiliki NPWP Kalteng.