Seluruh Ibukota Kabupaten dan Kota Terkoneksi Jaringan Fiber Pada 2019

id palapa ring, koneksi jaringan fber optik, internet

Seluruh Ibukota Kabupaten dan Kota Terkoneksi Jaringan Fiber Pada 2019

Ilustrasi koneksi Internet (Grafis) (Istimewa)

Jakarta (Antara Kalteng) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara  mengemukakan, pemerintah saat ini tengah membangun jaringan fiber optik sehingga pada 2019 nantinya seluruh ibukota kabupaten dan kota di Indonesia terkoneksi internet melalui proyek Palapa Ring.

Dengan demikian akan mampu mendukung perkembangan perekonomian digital termasuk mendukung sektor pariwisata menjadi lebih semarak.

Saat ini, Internet di Indonesia tidak merata dan timpang. Menurut Rudiantara, berdasarkan data open signal, di Jakarta, kecepatan unduh internet bisa mencapai 7 Mbps (Megabyte per second).

Kecepatan internet di Jakarta tersebut nomer dua di ASEAN, di bawah Singapura namun mengungguli Bangkok (Thailand) dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Sementara di wilayah Timur misalnya Papua, kemampuan unduh internet hanya 300 Kbps (Kilobyte per second). "Sangat lemot," katanya.

Sehingga rata-rata kecepatan internet Indonesia hanya menduduki nomor 4, di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand. "Bahkan kini Vietnam semakin mendekat," katanya.

Untuk itulah, pemerintah melalui Proyek Palapa Ring mendorong koneksi internet yang lebih baik dan cepat dapat dirasakan di seluruh wilayah Indonesia, katanya.