Kalau Ingin Kembangkan Pariwisata Daerah? Kabupaten Ini Harus Cari Investor

id DPRD Kotawaringin Timur, DPRD Kotim, akil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Dewin Marang, Pariwisata Kotim Harus Libatkan Investor

Kalau Ingin Kembangkan Pariwisata Daerah? Kabupaten Ini Harus Cari Investor

Pantai Ujung Pandaran yang terletak di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah didorong mencari investor untuk mengembangkan sektor pariwisata daerah.

"Supaya cepat berkembang, harus menggaet investor. Tidak bisa hanya mengandalkan dana APBD karena sangat terbatas, apalagi kita tahu anggaran daerah kita tahun ini dipangkas cukup besar," kata Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Dewin Marang di Sampit, Minggu.

Tekad pemerintah daerah mengembangkan pariwisata dan menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata, harus didukung. Perlu terobosan agar harapan itu cepat terwujud.

Berbagai rencana besar pemerintah daerah untuk pengembangan pariwisata, tidak akan terwujud tanpa adanya dana yang memadai. Membutuhkan waktu yang sangat lama jika pembangunannya hanya mengandalkan dana daerah.

Melibatkan investor menjadi solusi yang bisa dilakukan saat ini. Pemerintah daerah harus bekerja keras membuktikan program pariwisata tidak sekadar keinginan besar, tapi target yang bisa diwujudkan.

"Tawarkan rencana pengembangan pariwisata kita kepada investor luar daerah. Biarkan mereka membangun investasi tapi kita juga bisa dapat memungut hasilnya. Kalau hanya mengharapkan dana daerah, akan lambat," kata Dewin.

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi mengatakan, pemerintah daerah membuka pintu seluas-luasnya kepada investor yang ingin berinvestasi sejalan dengan program daerah. Promosi terus dilakukan dengan berbagai cara untuk menarik minat investor.

"Saya merasa apa yang kita lakukan beberapa tahun terakhir mulai menunjukkan hasil. Seperti di pantai Ujung Pandaran, kini banyak pengusaha yang membangun penginapan dan menyediakan wahana permainan. Ramainya pengunjung juga berdampak bagus terhadap perekonomian masyarakat," kata Supian.

Bupati termuda di Kalimantan Tengah itu yakin sektor pariwisata bisa menjadi sektor andalan baru bagi daerah. Prospeknya juga sangat bagus karena bisa terus dikembangkan tanpa perlu khawatir akan habis seperti sumber daya alam.