PDAM Palangka Raya, Ayo Tingkatkan Kualitas Air Bersih

id dprd palangka raya, pdam palangka raya, air berish, alfian batnakanti

PDAM Palangka Raya, Ayo Tingkatkan Kualitas Air Bersih

Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Alfian Batnakanti (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya meminta Perusahaan Daerah Air Minum di kota itu meningkatkan kualitas air bersih yang dialirkan kepada masyarakat pelanggan daerah tersebut.

"Masyarakat banyak yang mengeluhkan pelayaanan PDAM terutama terkait kualitas dan kuantitas air bersih. Untuk itu kami meminta, keluhan masyarakat tersebut segera selesaikan," kata Ketua Komisi B DPRD Nenie Ardiati Lambung saat mengelar RDP di Palangka Raya, Rabu.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu mengatakan, PDAM perlu mencari sumber air baku baru yang lebih bersih guna meningkatkan kualitas dan kuantitas air bersih yang dialirkan perusahaan daerah tersebut.

Sekretaris Komisi B DPRD "Kota Cantik" Alfian Batnakanti menambahkan, PDAM harus segera menambah sambungan air yang baru sehingga pemerataan ketersediaan air bersih bagi masyarakat segera terwujud.

"Hal demikian kiranya dapat menjadi perhatian serius manajemen PDAM untuk memaksimalkan pelayanan termasuk pengaduan pelanggan PDAM juga harus memanfaatkan kemajuan teknologi seperti membuka layanan dan pengaduan melalui SMS," kata politisi Gerindra itu.

Menaggapi hal tersebut, Direktur PDAM Kota Palangka Raya Tridoyo Kertanegara mengatakan, hasil RDP tersebut menjadi acuan untuk terus melakukan perbaikan termasuk mencari solusi.

"Tentu ini menjadi masukan yang berarti bagi PDAM dalam melakukan peningkatan kualitas dan pelayanan. Meski demikian kami mengakui bahwa dalam upaya tersebut kami masih memiliki beberapa kendala," katanya.

Diantara kendala tersebut ialah terbatasnya anggaran yang dimiliki termasuk dalam penyediaan penyaring air. Selain itu juga karena belum terrealisasinya program penambahan sarana dan prasarana penyedia air bersih.

Meski demikian, melalui program hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemempupera) pihaknya dapat menambah 1.000 sambungan gratis bagi warga kurang mampu.

"Bila berdasarkan program hibah tersebut, setidaknya ada 1000 penyambungan pipa air PDAM yang dilakukan secara gratis," kata Tridoyo.

Sebagai penyediaan pelayanan kepada masyarakat, dia berjanji akan terus melakukan evaluasi serta pembenahan terhadap setiap program yang dilaksanakan.