Wah, Nenas Parigi Barsel Diminati Pengunjung Explore Exotica Of Central Kalimantan di TMII

id Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Wah, Nenas Parigi Barsel, Pengunjung Explore Exotica Of Central Kalimantan, TMII

Wah, Nenas Parigi Barsel Diminati Pengunjung Explore Exotica Of Central Kalimantan di TMII

Nenas Parigi yang dipamerkan pada kegiatan Explore Exotica Of Central Kalimantan, Jakarta, Minggu (20/11). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Jakarta (Antara Kalteng) - Nenas parigi yang merupakan salah satu produk unggulan masyarakat tani kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah diminati para pengunjung Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Pantauan Antara di Jakarta, minggu produk unggulan petani berupa nenas parigi kabupaten Barito Selatan tersebut sangat diminati para pengunjung Explore Exotica Of Central Kalimantan di TMII.

"Rasannya manis, enak dan rasanya tidak seperti nenas biasanya," kata salah seorang pengunjung, Rina setelah memakan nenas hasil perkebunan masyarakat daerah Barsel tersebut.

Sementara kepala Dinas Pertanian Barsel Ibarata melalui kepala bidang sumber daya, Beno Kalajari mengatakan nenas parigi ini merupakan tanaman unggulan Barito Selatan.

"Kita telah membudidayakan tanaman ini agar bernilai ekonomis bagi peningkatan pendapatan masyarakat setempat,"ucapnya.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan pembukaan lahan untuk penanaman nenas ini secara massal terutama di kecamatan Dusun Selatan tempat asal tumbuhnya tanaman hortikultura ini.

"Kita telah melakukan pembukaan lahan untuk penanaman nenas parigi yang sudah terdaftar di Perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian Kementrian Pertanian RI," tambah Beno Kalajari.

Hal ini dilakukan agar usaha nenas parigi ini dapat lebih eksis dan dapat berkembang dengan baik sehingga menarik minat investor untuk melakukan usaha secara besar.