Pj Bupati Barsel Harap Festival Tandak Intan Kaharingan Bangun Kerohanian

id Barito Selatan, Pj Bupati Barsel, Mugeni, Festival Tandak Intan Kaharingan, Hindu Kaharingan

Pj Bupati Barsel Harap Festival Tandak Intan Kaharingan Bangun Kerohanian

Penjabat Bupati Barsel, H.Mugeni (kanan) menyerahkan bendera kepada ketua kontingen Festival Tandak Intan Kaharingan, di Buntok, Jumat (25/11). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah H Mugeni mengharapkan Festival Tandak Intan Kaharingan dapat membangun kerohanian umat hindu Kaharingan di daerah tersebut.

Hal itu dikatakan penjabat Bupati kabupaten Barito Selatan (Barsel) H Mugeni itu usai melepas kontingan Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) di halaman kantor Bupati di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan FTIK yang diselenggarakan pada 25-30 November 2016 di Kabupaten Gunung Mas itu, selain untuk pembinaan prestasi juga untuk lebih memasyarakatkan ajaran Hindu Kaharingan kepada penganutnya.

"Itu dilakukan agar umat Hindu Kaharingan lebih mencintai dan memahami apa saja yang terkandung dalam ajaran agama mereka, demi mewujudkan manusia yang berakhlak dan menjunjung tinggi ajaran agamanya,"tambah dia.

Ia pun mengingatkan, kepada para peserta untuk senantiasa menjaga nama baik daerah dan menjunjung tinggi sportivitas selama kegiatan perlombaan.

"Kita juga berpesan kepada para pendamping peserta Kontingen Barsel, agar terus memantau dan memperhatikan kondisi peserta yang akan berlomba,"pinta Mugeni.

Sementara ketua kontingen Barsel, Samsulni mengatakan, jumlah kontingen Barito Selatan yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 70 orang.

Adapun cabang lomba yang diikuti kontingen Barsel sebanyak 25 cabang yang diantaranya pembacaan kitab suci Panaturan, Kandayu, Manandak, Pandehen atau khotbah.