Origi Pahlawan Kemenangan Liverpool Atas Sunderland

id liverpool, liverpool lawan sunderland, sunderland

Origi Pahlawan Kemenangan Liverpool Atas Sunderland

Pelatih Liverpool Juergen Klopp (REUTERS/Michael Dalder)

Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Divock Origi, menjadi pahlawan kemenangan Liverpool saat menaklukkan Sunderland 2-0 dalam laga pekan ke-13 Liga Utama Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu.

Penyerang asal Belgia itu masuk pada menit 34 menggantikan Philippe Coutinho, yang tergeletak kesakitan lantaran engkel kaki kanannya bermasalah usai berusaha menghalau bola yang tengah disapu keras oleh Didier Ndong di dalam kotak penalti Sunderland, dan membuktikan dirinya patut mengemban tugas serta kepercayaan besar yang ditaruh di pundaknya.

Liverpool, yang lagi-lagi menghadapi formasi ultradefensif, kesulitan untuk membongkar pertahanan Sunderland meski menguasai 77 persen pengendalian bola sepanjang laga.

Origi tampil menjadi pahlawan saat mencetak gol pembuka keunggulan pada menit 75, menggiring bola dari sisi kanan pertahanan Sunderland, mengecoh Duncan Watmore sejenak sebelum melepaskan tendangan lengkung dengan kaki kanannya yang bolanya memantul sebelum melesak ke arah tiang jauh tak terjangkau penjaga gawang Jordan Pickford.

Gol itu merupakan gol perdana Origi di Liga Inggris musim ini, mengingat ia cukup kesulitan menembus tim utama Liverpool lantaran solidnya trio Coutinho-Firmino-Mane.

Gol tersebut, menyuntik ulang semangat Liverpool, namun Sunderland agaknya tak puas hanya mengirimkan Coutinho ke ruang medis semata, sehingga Roberto Firmino pun jadi korban pelanggaran keras dari barisan pemain tim tamu.

Meski demikian, Firmino cukup beruntung dapat meninggalkan lapangan dengan berdiri tanpa panduan untuk digantikan Lucas Leiva.

Meski terlihat sebagai strategi defensif, Liverpool malah menambah keunggulan mereka pada menit 90+1 usai Sadio Mane dilanggar Ndong di area terlarang.

Lengkap sudah kemenangan Liverpool 2-0, selengkap sasaran Sunderland menjatuhkan trio penyerang Liverpool Coutinho-Firmino-Mane sepanjang laga.

Tiga poin yang dikantongi, mengantarkan tim besutan Juergen Klopp itu kembali ke puncak klasemen dengan koleksi 30 poin, menggusur Manchester City (30) yang sempat mendudukinya selama kurang lebih dua jam.

Meski demikian, Chelsea (28) bisa saja mengambil kembali apa yang sudah mereka miliki pekan lalu, jika menang atas Tottenham Hotspur (24), di Stadion Stamford Bridge pada Minggu dini hari WIB.

Sementara itu bagi Sunderland (8), kekalahan itu mengantarkan tim arahan David Moyes tersebut kembali ke dasar klasemen, lantaran di laga lain Swansea City (9) berhasil mengalahkan Crystal Palace (11) dalam laga hujan gol dengan skor 5-4.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Liverpool (4-3-3): Loris Karius (PG); Nathaniel Clyne, Joel Matip, Dejan Lovren, James Milner; Georginio Wijnaldum (Ben Woodburn), Jordan Henderson, Emre Can; Sadio Mane, Roberto Firmino (Lucas Leiva), Philippe Coutinho (Divock Origi)
Pelatih: Juergen Klopp

Sunderland (4-4-2): Jordan Pickford (PG); Billy Jones, Lamine Kone, John O'Shea, Patrick van Aanholt; Steven Pienaar (Lynden Gooch), Jason Denayer, Didier Ndong, Duncan Watmore (Adnan Januzaj); Victor Anichebe, Jermain Defoe
Pelatih: David Moyes