179 ASN Pemkab Sukamara Dapatkan Tanda Satya Lencana Karya Satya

id sukamara, satya lencana karya satya, bupati sukamara

179 ASN Pemkab Sukamara Dapatkan Tanda Satya Lencana Karya Satya

Pemerintah Kabupaten Sukamara (Istimewa)

Sukamara (Antara Kalteng) - Sebanyak 179 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukamara mendapat tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya dengan rincian 120 orang dengan pengabdian 10 tahun, 42 orang dengan pengabdian 20 tahun dan 17 orang dengan pengabdian 30 tahun.

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan tanda kehormatan yang diterima ASN merupakan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, dan dengan tanda kehormatan ini ASN diingatkan agar selalu menjaga integritasnya saat ini dan ke depan perlu ditingkatkan. Di samping itu ASN merupakan perekat bangsa.

"Tanda kehormatan yang diberikan dengan maksud untuk menghargai ASN yang telah bekerja dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya," kata Dirman usai menyematkan tanda Kehormatan, di Sukamara, Rabu (30/11/2016).

Menurutnya, penghargaan  tersebut bukanlah akhir melainkan awal agar lebih baik lagi ke depannya, dan tidak hanya untuk pribadi melainkan mampu menjadi teladan pada instansi di manapun berada, dimana tanda yang disematkan di dada tersebut mengandung tanda kebanggaan atas pengabdian kepada bangsa pada umumnya dan daerah khususnya.  

Dirman juga mengingat tidak semua pegawai mendapat penganugerahan tersebut karena harus memenuhi seluruh kriteria yang telah ditetapkan. salah satunya adalah tidak pernah melakukan tindakan tercela serta pelanggaran kedisiplinan yang berat. Hal ini didasarkan atas undang-undang nomor 20/2009 tentang gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan, dan peraturan pemerintah nomor 35/2010 tentang pelaksanaan undang-undang nomor 20/2009 tentang gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan.

"ASN hendaknya mampu menjadi pelopor revolusi mental di lingkungannya sehingga apa yang menjadi keinginan pemerintah pusat maupun harapan masyarakat luas dalam menciptakan aparatur yang bersih dan berkualitas mampu tercapai dalam rangka peningkatan mutu pelayanan ASN di Kabupaten Sukamara," terang Dirman

"Pemimpin walaupun memiliki banyak program yang berkualitas jika tidak didukung kualitas dari para pegawainya tentu sulit diwujudkan. Karena itu keduanya haruslah bersinergi agar tujuan dalam hal ini visi dan misi kabupaten sukamara tercinta ini mampu tercapai dengan maksimal," tambahnya.