Rusaknya Traffic Light Ancam Nyawa Pengendara, Pemda Diminta Segera Perbaiki!

id DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Jainudin Karim, Traffic Light, Rusaknya Traffic Light Ancam Nyawa Pengendara, Pemda Diminta Segera Perbaiki

Rusaknya Traffic Light Ancam Nyawa Pengendara, Pemda Diminta Segera Perbaiki!

Ilustrasi. (Wired)

....Dan hal itu dapat memicu kecelakaan lalu lintas,"
Sampit (Antara Kalteng) - Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Jainudin Karim meminta kepada pemerintah daerah itu untuk segera memperbaiki sejumlah traffic light yang rusak.

"Rusaknya traffic light yang tak kunjung diperbaiki bisa berakibat fatal karena berdampak pada kacaunya arus lalulintas. Dan hal itu dapat memicu kecelakaan lalu lintas," katanya di Sampit, Selasa.

Jainudin Karim mengaku banyak menerima laporan dari masyarakat terkait kerusakan sejumlah traffic light itu.

Seharusnya Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) sebagai dinas teknis peka serta tanggungjawab terhadap tidak berfungsinya lampu pengatur arus lalulintas atau traffic light.

Menurut Jainudin, selain harus melakukan perbaikan terhadap traffic light yang rusak, Dishubkominfo juga diminta untuk bertanggungjawab terhadap korban kecelakaan lalulintas akibat kerusakan lampu pengatur arus lalulintas.

"Bila tidak mau tanggungjawab atas korban kecelakaan, maka Dishubkominfo mesti segera memperbaiki traffic light yang tidak berfungsi dengan baik. Minimal sebelum tuntas diperbaiki, petugas Dishubkominfo mengatur arus lalulintas di titik kerusakan," katanya.

Jainudin mengatakan, mengatur lalulintas di jalanan tidak hanya menjadi tugas polisi, namun Dishubkominfa berkewajiban turut mengatur arus lalulintas agar lancar.

"Pada pembahasan anggaran APBD 2017 untuk Dishubkominfo mendapat penambahan anggaran sebesar Rp100 juta lebih, dana tambahan tersebut termasuk untuk biaya pemeliharaan traffic light. Kami berharap untuk lampu rambu lalulintas yang rusak bisa segera di perbaiki, kemudian ditahun berikutnya nanti trafic light bisa menggunakan energi matahri untuk menghindari pemadaman listrik," ucapnya.

Sementara itu sebelumnya traffic light di beberapa lokasi di Kota Sampit, dikeluhkan waerga karena rusak. Seperti di perempatan Jalan A Yani dan Jalan Rahadi Usman Sampit. Jika tak segera diperbaiki, dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan raya.

"Harusnya dinas terkait segera memperbaiki kerusakan ini. Jangan sampai setelah ada kecelakaan dan ada korban baru diperbaiki," kata Rian, seorang warga Kecamatan Baamang, Sampit.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar