Harga Karet di Pedalaman Barito Utara Naik

id barito utara, harga karet, harga karet di pedalaman

Harga Karet di Pedalaman Barito Utara  Naik

Ilustrasi - Penyadap getah karet. (istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Harga karet di pedalaman Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah kembali naik menjadi 10.500 per kilogram dari sebelumnya Rp10.0000/kg.

"Naiknya harga karet ini sudah terjadi dalam sepekan terakhir," kata Irwansyah, petani karet di Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Senin.

Irwansyah mengatakan bahwa naiknya harga karet membuat petani di kabupaten pedalaman Sungai Barito itu bergairah kembali karena dalam tiga bulan terakhir terus mengalami kenaikan. Sebelumnya harga karet anjlok.

Membaiknya harga karet itu karena naiknya harga karet di beberapa daerah lainnya dan diduga akibat permainan para tengkulak yang menguasai penjualan karet di daerah tersebut. Mereka menyesuaikan dengan harga pasar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Masalahnya, para petani daerah ini masih tergantung pada para tengkulak karena sampai sekarang belum ada pabrik karet, padahal hasil panen karet petani cukup banyak," katanya.

Dia mengatakan bahwa kenaikan harga karet itu sesuai dengan pengakuan para spekulan karena pihak pabrik di Banjarmasin juga menaikkan harga produk kebun yang dihasilkan rakyat tersebut.

"Kami berharap harga karet terus membaik guna membantu petani, apalagi saat ini harga barang kebutuhan sehari-hari mengalami kenaikan," katanya yang didukung oleh para petani lainnya.

Karet merupakan salah satu komoditas unggulan masyarakat di kabupaten pedalaman Kalteng karena sebagian besar warga daerah itu bekerja sebagai petani karet, baik bibit lokal maupun unggul.

Luas perkebunan karet rakyat di kabupaten yang terkenal dengan potensi sumber daya alam batu bara itu, tercatat 35.646 hektare dengan produksi karet kering mencapai 18.696 ton per tahun.

Semua perkebunan karet rakyat itu tersebar di sembilan kecamatan di wilayah tersebut.