Kotim Tuan Rumah Kejuaraan Catur Junior Tingkat Provinsi Kalteng

id kotawaringin timur, kalimantan tengah, catur, kejuaraan catur junior tingkat provinsi kalteng

Kotim Tuan Rumah Kejuaraan Catur Junior Tingkat Provinsi Kalteng

Ilustrasi - Pertandingan catur tingkat sekolah dasar se-Kabupaten Kotawaringin Barat. (Foto Alfa)

Sampit (Antara Kalteng) - Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah rencananya akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Catur Provinsi Kalteng tingkat junior tahun 2017.

Sekretaris Umum (Sekum) Percasi Kalteng H Zulkifli Nasution di Sampit, Minggu membenarkan rencana kejuaraan catur tersebut dan hal itu berdasarkan musyawarah daerah Percasi Kalteng.

"Untuk waktunya menunggu kesiapan dari panitia Percasi Kotawaringin Timur. Sementara ini memang rencananya akan dilaksanakan Mei 2017," tambahnya.

Zulkifli mengatakan, berdasarkan musyawarah tersebut untuk transportasi dan akomodasi Kejurprov Catur Junior sepenuhnya ditanggung oleh masing-masing Pengcab Percasi kabupaten dan kota.

Kejuaraan catur junior itu rencananya juga akan bersamaan dengan pelaksanaan Isen Mulang Cup untuk atlet catur senior.

"Informasi yang saya terima, untuk Kejurprov Catur Junior dan Isen Mulang Cup akan dilaksanakan secara bersamaan, yakni Mei 2017 di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. Mudah-mudahan atlet catur tuan rumah baik yang junior maupun yang senior bisa mempersiapkan diri mengikuti kejuaraan ini," katanya.

Sementara itu, atlet catur senior Kabupaten Kotawaringin Timur H Ruslan Abdul Gani, mengaku menyambut baik digelarnya kejuaraan catur junior dan senior tersebut.

"Kejurprov Catur Junior sangat bagus untuk menjaring bibit-bibit muda atlet catur berprestasi yang diharapkan nantinya mampu membawa harum nama Kalimantan Tengah," katanya.

Sedangkan Isen Mulang Cup tahun ini, jelasnya, merupakan arena pemanasan sebelum menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng tahun 2018 di Muara Teweh Barito Utara.

"Memang perlu lebih banyak diagendakan turnamen atau kejuaraan catur untuk menarik minat masyarakat terhadap olahraga ini," ucapnya.

Sementara berdasarkan pantaun, menjelang digelarnya kejuaraan catur sejumlah atlet junior Kabupaten Kotawaringin Timur mulai mempersiapkan diri dengan latiahn rutin.

Latihan atlet catur junior itu dilakukan bertanding dengan atlet catur senior. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan memberikan arahan atlet junior.