Ceviche Hidangan Ikan Mentah Berbumbu Susu Macan, Rasanya Gimana ya?

id Ceviche, sashimi, ikan mentah, peru, Ceviche Hidangan Ikan Mentah Berbumbu Susu Macan, Rasanya Gimana ya?, kalimantan tengah, kalteng, borneo

Ceviche Hidangan Ikan Mentah Berbumbu Susu Macan, Rasanya Gimana ya?

Ceviche (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Jakarta (Antara Kalteng) - Peru tak hanya punya Machu Picchu, tetapi juga berbagai ragam kuliner yang dipengaruhi budaya Spanyol, China hingga Jepang.

Salah satunya adalah ceviche, hidangan ikan mentah yang serupa dengan sashimi dari Jepang.

Bedanya, ada tambahan air lemon yang membuat daging ikan dalam ceviche matang tanpa dimasak di atas api. Ceviche juga berisi susu macan (Leche de tigre) yang sebenarnya berisi air lemon dan rempah lain.

Chef asal Peru, Eduardo Enrique Montes Traverso, berbagi resep membuat ceviche.

Bahan:

100 gram fillet seabass , 10 ml air jeruk lemon, 2 gram daun ketumbar, 5 gram jagung manis, 5 gram bawang merah yang dipotong memanjang, 5 gram cabai merah, dan 10 gram pure ubi ungu.

Langkah memasak:

1. Masukkan garam, cabai dan daun ketumbar dalam mangkok
2. Potong ikan berbentuk dadu

“Potong ikan kotak-kotak kecil agar lemon mudah meresap. Namun jangan terlalu kecil juga karena lemon nantinya bisa membuat ikan terlalu matang,” tutur Chef Eduardo di Restoran Sailendra, JW Marriott Hotel Jakarta beberapa waktu lalu.

Agar makanan ini tetap segar, ia menyarankan untuk menaruh bahan-bahan di tempat dingin. Chef Eduardo memberi contoh dengan mempersiapkan es batu untuk meletakkan piring-piring agar isinya tetap dingin dan segar.

3. Campurkan ikan dengan bumbu
4. Tambah perasan air lemon, diamkan selama semenit.
5. Masukkan susu macan
6. Sajikan dengan bawang merah, jagung manis dan puree ubi ungu

Selain ceviche, Anda bisa menikmati kuliner khas Peru lain di festival Peruvian Palate di JW Marriott Hotel Jakarta hingga 20 April 2017.