Koperasi Aktif di Barito Selatan 201 Unit

id koperasi aktif di barsel, Ika Rezeki Hawini, disdagkop UMKM Barsel

Koperasi Aktif di Barito Selatan 201 Unit

Logo Koperasi Indonesia (istimewa)

Buntok (Antara Kalteng) - Jumlah koperasi yang aktif berdasarkan data dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah 201 unit.

Kabid Koperasi pada Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Ika Rezeki Hawini di Buntok, Sabtu mengatakan dari 223 unit koperasi yang terdaftar sebanyak 201 unit koperasi yang aktif.

"Sedangkan sebanyak 22 unit koperasi lainnya tidak aktif yang mana belum melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)," katanya.

Ia menyampaikan, sesuai dengan surat dari Kementerian Koperasi, 22 unit koperasi yang tidak aktif yang belum melaksanakan RAT tersebut rencananya akan dibubarkan.

Selain itu ia menjelaskan, koperasi-koperasi yang terdaftar dan aktif tersebut bergerak dalam berbagai bidang usaha seperti dalam bidang simpan pinjam dan pertanian.

"Di samping itu juga ada yang bergerak dibidang angkutan dan koperasi serba usaha,"tambah dia.

Ia menjelaskan, adapun koperasi-koperasi yang aktif dan bagus tersebut seperti Primkopol, Koperasi PDAM, Koperasi Rukun, Koperasi Kartika dan koperasi Madu Barito.

"Sedangkan koperasi yang aktif yang bagus dalam menjalankan usahanya seperti koperasi Makmur Sejahtera Wayun yang bergerak dibidang simpan pinjam dan serba usaha," katanya.