Pemdes di Kapuas diminta aktif dalam pengendalian inflasi

id pemkab kapuas, dpmd kapuas, budi kurniawan, kuala kapuas, inflasi kapuas, kapuas

Pemdes di Kapuas diminta aktif dalam pengendalian inflasi

Kepala DPMD Kapuas, Budi Kurniawan. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Budi Kurniawan, meminta pemerintahan desa aktif melakukan upaya-upaya pengendalian inflasi.
 
“Kami meminta pemerintahan desa aktif melakukan upaya-upaya penyelenggaraan penurunan tingkat inflasi di desanya masing-masing,” kata Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Senin.
 
Penyelenggaraan atau kegiatan yang dapat mendukung turunnya tingkat inflasi di antaranya bisa menggelar operasi pasar berskala desa atau kegiatan lainnya.

Baca juga: DPMD-Disarpustaka Kapuas dorong pemdes sukseskan Program Srikandi
 
Untuk sumber pembiayaan bisa melalui Dana Desa (DD) maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) juga bisa untuk kegiatan yang sifatnya menurunkan tingkat inflasi tersebut.
 
“Kami harapkan pemerintahan desa bisa lebih aktif, selain membuat program, juga melaporkan kondisi pantauan harga-harga barang yang ada di pasar masing-masing," ujarnya.
 
Hingga pada akhirnya saat terjadi lonjakan atau kelangkaan barang, pemerintah baik di tingkat desa hingga kabupaten dapat segera melaksanakan langkah-langkah pengendalian.

Baca juga: Bawaslu Kapuas tertibkan ratusan APK
 
Diketahui hingga saat ini jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas secara aktif melaksanakan berbagai upaya pengendalian inflasi, terutama melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) setempat, yang telah menggelar pasar penyimbang di wilayah hulu Kapuas.
 
“Kami sangat berterimakasih kepada bapak Pj Bupati dan juga unsur terkait yang telah melaksanakan pasar penyimbang di kecamatan dan desa di wilayah Hulu Kapuas, ini tentunya sangat terbantukan bagi masyarakat kita di sana untuk memenuhi kebutuhan mereka,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Kendalikan inflasi, Pemkab Kapuas gelar pasar penyeimbang

Baca juga: Bakar basecamp perusahaan PT BWL, seorang warga di Kapuas ditangkap polisi

Baca juga: Pj Bupati minta Tenaga pendidik di Kapuas tetap semangat jalankan tugas